Pendidikan

Siswa MTs Ushriyyah Purbalingga Belajar Pendidikan Karakter Lewat Outbound

Minggu, 23 Juli 2017 - 16:24 | 153.57k
Siswa-siswi MTsUshriyyah saat mengikuti acara penutupan kegiatan Outbond di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Purbalingga, Minggu (23/7/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)
Siswa-siswi MTsUshriyyah saat mengikuti acara penutupan kegiatan Outbond di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Purbalingga, Minggu (23/7/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sedikitnya 124 siswa baru kelas VII dan 25 guru dan karyawan MTs ‘Ushriyyah Purbalingga, Jawa Tengah mengikuti outbond dan berwisata di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur.

Kegiatan yang digelar dalam rangka menjalin perkenalan, kekompakan, konsentrasi, disiplin dan kerjasama ini di pusatkan di area Adventure Zone Buper Munjuluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Minggu (27/7/2017).

Kepala MTs 'Ushriyyah Eni Kristiyanti mengatakan dipilihnya Buper Munjuluhur di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari karena selain lokasinya yang dekat dan alam pedesaan yang masih asri. Selain itu, lokasi ini memiliki fasilitas untuk outbound yang cukup representatif.

"Kegiatan outbond di area edukasi ini dimaksudkan untuk melatih dan merangsang tumbuhnya jiwa dan semangat belajar untuk mandiri, bekerjasama dan gotong royong. Dan para siswa bisa bersosialisasi atau membangun perkenalan sambil menikmati wisata alam pedesaan yang asri," kata Eni, Minggu (23/7/2017).

Sebagai sekolah atau madrasah berbasis pendidikan agama Eni juga menjelaskan, pendidikan karakter menjadi prioritas utama dalam usaha pendidikan atau pembinaan siswa, salah satunya dengan media outbond.      

Sementara itu salah satu Intrukur dari Rescue Outbond and Adeventure Division (ROAD)  SAR Purbalingga Teguh SR menambahkan, melalui outbond siswa bisa memperoleh materi pembinaan dan pengembangan pola hidup yang mandiri, disiplin, teliti dan berkarakter.

Teguh mencontohkan ada lima games atau permainan yang diperkenalkan kepada para siswa. Seperti jaring laba-laba atau spider wab, bola bergulir atau moving ball, lalu paralon bocor, danau beracun atau permainan mengambil bola di air dengan tangan tetap kering dan teka-teki atau brain games.

Dan diakhir acara seluruh siswa-siswi MTs Ushriyyah Purbalingga, diberi tugas untuk membuat sebuah catatan atau manfaat hasil dari mengikuti kegiatan tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES