Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Terampil Menyelesaikan Masalah Matematik

Minggu, 23 Juli 2017 - 14:16 | 73.20k
Abdul Halim Fathani (Grafis: TIMES Indonesia)
Abdul Halim Fathani (Grafis: TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, JAKARTA – SALAH satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa memiliki keterampilan dan dapat menyelesaikan masalah dalam hidupnya sepanjang masa. Oleh karenanya, melalui proses pembelajaran, guru seyogianya mampu membekali keterampilan tersebut kepada siswa, salah satunya dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika. 

Menurut Polya (1973) dalam bukunya berjudul How to Solve it, menjelaskan bahwa ada dua macam masalah dalam matematika, yakni:

Masalah untuk menemukan
Masalah untuk menemukan dapat secara teoretis maupun praktis, abstrak atau konkret, termasuk teka-teki juga merupakan masalah untuk menemukan. 

Terkait hal ini, kita harus mencari variabel masalah tersebut; kita mencoba untuk mendapatkan, menghasilkan, atau mengonstruksi semua jenis obyek yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah matematik. 

Adapun bagian utama dari masalah untuk menemukan adalah sebagai berikut
a.    Apakah yang dicari?
b.    Bagaimana data yang diketahui?
c.    Bagaimana syaratnya?
Ketiga bagian utama tersebut merupakan landasan untuk dapat menyelesaikan masalah untuk menemukan.

Masalah untuk membuktikan
Masalah untuk membuktikan diselesaikan untuk menunjukkan bahwa suatu pernyataan itu benar atau salah, atau tidak kedua-duanya. 

Terkait hal ini, maka kita harus dapat menjawab pertanyaan Apakah pernyataan ini benar atau salah? Adapun bagian utama dari masalah untuk membuktikanadalah hipotesis dan konklusi dari suatu teorema yang harus dapat dibuktikan kebenarannya. 

Kedua bagian utama tersebut sebagai landasan untuk dapat menyelesaikan masalah untuk membuktikan.

Dengan memperhatikan penjelasan dua macam masalah matematik di atas, Polya (1973) kembali menegaskan bahwa masalah untuk menemukan itu lebih tepat apabila diterapkan dalam pembelajaran untuk matematika elementer. 

Sedangkan masalah untuk membuktikan akan lebih tepat digunakan dalam pembelajaran matematika lanjut.

Dengan demikian, nampak bahwa penyelesaian masalah matematik memiliki fungsi yang penting dalam proses pembelajaran matematika. 

Guru menyajikan masalah-masalah, karena melalui penyelesaian masalah, maka siswa-siswa akan dapat berlatih dan mengintegrasikan konsep-konsep, teorema-teorema, dan pelbagai keterampilan matematika lainnya yang telah dipelajari. 

Alhasil, mengintegrasikan penyelesaian masalah matematik dalam proses pembelajaran matematika merupakan suatu keniscayaan.(*)

* Penulis Abdul Halim Fathani,  Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, Anggota Forum Literasi Matematika (forLIMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES