Gaya Hidup

Mengajak Anak Bersepeda, Perhatikan Hal Ini

Minggu, 23 Juli 2017 - 07:22 | 31.10k
ILUSTRASI. Tips aman mengajak anak bersepeda. (Foto: hergreenlifewordpress.com)
ILUSTRASI. Tips aman mengajak anak bersepeda. (Foto: hergreenlifewordpress.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengajak anak-anak bersepeda bersama menjadi rutinitas yang sangat menyenangkan di hari libur. Anda bisa menghabiskan akhir pekan dengan berkeliling komplek perumahan atau taman dengan bersepeda bersama anggota keluarga.

Meski kegiatan ini sangat menyenangkan, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Terutama terkait keamanan dan kenyamanan anak. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengajak anak bersepeda, dilansir dari parenting.co.id.

1. Hindari Membonceng Anak Sebelum Berusia 1 Tahun
Jangan bonceng bayi, bila ia berusia di bawah 1 tahun. Hal ini karena lehernya belum cukup kuat untuk mengontrol gerakan kepala kalau sepeda tiba-tiba harus direm untuk berhenti. Selain itu, kepalanya belum cukup untuk helm.

2. Gunakan Kursi Khusus
Pada usia 1 tahun, anak sudah bisa dibonceng. Anda bisa meletakkan kursi khusus di sepeda, namun Anda juga harus tetap hati-hati. Menurut The League of American Bicyclists, kursi khusus anak yang diletakkan di belakang sepeda bisa membuat sepeda Anda kurang stabil. Jadi, berhati-hatilah saat Anda turun dari sepeda.

3. Gunakan Helm pada Anak
Untuk menjaga keselamatan anak, Anda perlu melengkapinya dengan helm. Saat menggunakan helm, pastikan terpasang secara pas di kepala anak. Suatu penelitian menyebutkan, anak yang tidak memakai helm yang pas memiliki kemungkinan mengalami cedera kepala hingga 2 kali lipat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES