Kesehatan

Wow, Ini Manfaat Rambutan yang Belum Banyak Diketahui

Minggu, 23 Juli 2017 - 03:23 | 134.23k
Buah rambutan, kaya manfaat bagi kesehatan (Foto; dulich)
Buah rambutan, kaya manfaat bagi kesehatan (Foto; dulich)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah rambutan sangat mudah ditemui di Indonesia. Sebagai buah asli Asia Tenggara, rambutan menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya buahnya, kulit rambutan pun bermanfaat untuk mencegah kanker.

BACA JUGA: Ekstrak Kulit Rambutan Dapat Cegah Kanker

Berikut ini, lima manfaat buah dari tanaman tropis yang bernama latin Nephelium lappaceum ini, yang belum banyak diketahui.

1. Sumber zat besi
Buah rambutan juga kaya kandungan zat besi. Zat besi memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti anemia.

2. Kaya akan vitamin C
Rambutan juga memiliki jumlah vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko kurangnya penyerapan zat besi dalam tubuh. Mengonsumsi 10 hingga 12 buah rambutan akan memberikan tubuh 70 hingga 90 miligram vitamin C. 

3. Meningkatkan kualitas sperma
Kandungan vitamin C yang tinggi, penting untuk perkembangan sperma. Rajin mengonsumsi rambutan dapat meningkatkan produksi sperma. Selain kuantitas, kualitas sperma juga meningkat dengan mengonsumsi rambutan.

4. Menurunkan berat badan
Buah berambut ini dapat menurunkan berat badan. Rambutan ternyata bisa mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh. Kadar serat dalam rambutan efektif dalam mengurangi kadar lemak tubuh. Rambutan juga memiliki kadar air yang tinggi serta jumlah kalori yang rendah sehingga cocok bagi mereka yang tengah menjalani diet.

5. Merawat kulit dan rambut
Rambutan bisa menjadi  'bahan' untuk perawatan kulit dan rambut yang terjangkau dan mudah dilakukan. Kandungan air yang tinggi pada rambutan akan menjaga kandungan air dalam kulit dan membuatnya tetap lembut. Kandungan air ini juga berefek yang sama pada kualitas rambut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES