Peristiwa Nasional

Awas, Kuis Online ternyata Berbahaya

Sabtu, 22 Juli 2017 - 13:22 | 73.47k
ILUSTRASI: Online (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Online (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kuis online sepintas amat menyenangkan dan menghibur. Yaa tak salah buat lucu-lucuan semata. Anda salah satu penggemar kuis online seperti yang tersebar di media sosial seperti Facebook? Jika iyaa, mulai saat ini Anda harus waspada. 

Sebab salah satu cara hacker meretas virus dapat dilakukan melalui kuis online tersebut. 

Selain itu, ada risiko lain yang menghantui jika Anda hobi bermain kuis online. Apa saja itu?  

1. Clickbait

Clickbait merupakan istilah untuk menjelaskan konten sebuah situs yang hanya bertujuan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, tanpa mempedulikan kualitas dan akurasi konten yang disajikan. Artikel bersifat clickbait (umpan klik) biasanya memiliki judul sensasional dan kadang provokatif sehingga dapat mendorong minat orang untuk melihat dan membacanya. 

Saat membuka artikel bersifat clickbait, Anda tidak akan menemukan informasi atau kuis yang dicari. Anda hanya akan menyia-nyiakan waktu untuk membaca konten yang tidak bermutu yang bukan Anda cari. Jika tidak selektif, Anda bahkan dapat termakan informasi hoax atau palsu.

2. Memiliki Link Berisi Virus

Dalam kuis online, umumnya ada beberapa pilihan atau panduan yang sudah dipasang berbagai link berisi virus. Link tersebut dapat berupa pop-up atau link yang langsung menampilkan laman situs lain pada laman kuis online yang sedang Anda mainkan. Beberapa link hanya berupa iklan seperti CPC, CPA atau CPM, sementara sisanya berisi malware yang bisa langsung meretas data-data Anda.

3. Ada Risiko Peretasan Data

Kuis online yang dikemas dengan judul yang menarik tentu akan membuat Anda tertarik untuk membuka dan mencobanya. Terlebih lagi, sudah banyak teman-teman di media sosial yang mencoba dan membagikan hasil kuis tersebut di feeds mereka. 

Sebagian orang mencoba kuis tersebut semata-mata hanya untuk hiburan. Memang menyenangkan dan gratis sih, namun banyak yang tidak sadar bahwa pengguna sering diminta mengisi data atau informasi pribadi sebelum memulai kuis yang diinginkan. Memang terlihat sepele, tetapi di sanalah para hacker mulai beraksi.

Kelengahan itu yang kerap dimanfaatkan hacker untuk meretas data-data pribadi tersebut dan memanfaatkannya untuk hal yang merugikan pemilik data.

4. Pemasangan Adware Tanpa Izin

Ketika sedang  bermain kuis online, kadang ada halaman iklan yang menghalangi. Untuk menutupnya, biasanya Anda akan menekan tanda ‘X’ di sudut kanan atas. Eh, bukannya tertutup, ada halaman lain yang terbuka. 

Di saat inilah, bahaya lainnya mengintai. Kadang, beberapa halaman terus terbuka berulang kali. Awalnya sih mirip virus biasa, namun ada beberapa adware yang ‘mematikan’ fungsi anti-virus pada komputer Anda. Iklan terus bermunculan dan Anda terus mengunduh file yang kadang bisa berisi virus.

5. Spam

Biasanya setelah bermain kuis online, Anda cenderung membagikannya ke akun sosial media, apalagi kalau hasil kuis Anda menarik. Tanpa Anda sadari, laman website kuis online tersebut akan menyimpan data Anda dan bisa secara otomatis sering mengirimkan link atau postingan spam ke akun media sosial Anda yang terdaftar. 

Melalui cara ini, pemilik kuis online berkesempatan menyebarkan malware, adware, hingga meretas data melalui akun sosial media Anda.

Jadi, masih mau main kuis online? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES