Wisata Bondowoso Republik Kopi

BERITA FOTO: Pesona Blue Fire di Kawah Ijen

Sabtu, 22 Juli 2017 - 09:20 | 100.14k
Kawah Ijen Bondowoso. (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
Kawah Ijen Bondowoso. (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keindahan alam Kabupaten Bondowoso memang tidak ada habisnya. Bagai hadiah dari Yang Maha Kuasa, selain memiliki banyak air terjun, Bondowoso juga memiliki keindahan panorama alam pegunungan Ijen.

Kawah-Ijen-Bondowoso-2fZPks.jpg

Pegunungan Ijen ini memiliki tinggi mencapai kurnag lebih 2.443 mdpl, dan memiliki kawah dengan air yang sangat asam serta kedalaman mencapai kurang lebih 200 meter. Kemudian keindahan lainnya yaitu api biru (Blue Fire) yang sering dicari para pengunjung, dan menikmati sunrise. Pegunungan Ijen yang lebih dikenal dengan sebutan kawah Ijen ini, adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif.

Kawah-Ijen-Bondowoso-3AUpIF.jpg

Letak kawah Ijen ini berada di dua wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Jalur yang bisa ditempuh untuk sampai ke kawah Ijen ini bisa melalui perjalanan dari Bondowoso atau dari Banyuwangi.

Kawah-Ijen-Bondowoso-4uslK9.jpg

Bila melakukan perjalanan dari Kabupaten Bondowoso cukup menempuh kurang lebih 2-3 jam saja. Sepanjang perjalanan menuju kawah Ijen Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah.

Kawah-Ijen-Bondowoso-5rYtXQ.jpg

Anda juga bisa menikmati wisata lainnya seperti Kawah wurung, air terjun Blawan, air terjun kalipait, kebun strawberry, puncak megasari dan masih banyak lagi lainnya.

Kawah-Ijen-Bondowoso-6oBwez.jpg

Seperti yang disampaikan Imran Rosidi pengunjung dari Jember, lewat Bondowoso lebih nyaman dan dekat. Apalagi juga bisa mampir ke wisata lain sebelum ke kawah Ijen.

Kawah-Ijen-Bondowoso-7syY9W.jpg

"Bisa ke kawah wurung dulu atau ke air terjun Blawan, baru terus berangkat ke kawah Ijen," tuturnya pada TIMES Indonesia

Setelah menikmati perjalanan tersebut, sampailah pada pos Paltuding dan perjalanan selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak 3 km. 

Kawah-Ijen-Bondowoso-87KHpX.jpg

Bila yang ingin melihat pesona blue fire maka bisa mulai berjalan dini hari sekitar pukul 01.00. Dan disarankan untuk membawa masker, lampu senter atau headlamp, jaket tebal dan obat-obatan. 

"Kalau mau lihat blue fire ya berangkatnya lebih awal sekitar jam 1an lah, tapi harus pakek jaket yang tebal biar gak kedinginan," ujar Septian pengunjung lainnya.

Kawah-Ijen-Bondowoso-9UvNDf.jpg

Sesampainya di puncak gunung akan disuguhkan pemandangan indah kawah Ijen yang membentang luas, dan bila beruntung akan menikmati sunrise yang indah. Sayang jika Anda tak mengabadikannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES