Kesehatan

Awas, 6 Hal Ini Buat Sakit Kepala Tambah Parah

Sabtu, 22 Juli 2017 - 03:22 | 42.57k
ILUSTRASI. Sakit kepala. (Foto: jennapopewrites.com)
ILUSTRASI. Sakit kepala. (Foto: jennapopewrites.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sakit kepala dapat bertambah parah ketika ditandai dengan adanya peningkatan rasa sakit yang dipicu oleh beberapa hal tertentu. Jika tidak segera ditangani, bisa-bisa akan menjalar ke tubuh yang lain. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi pemicu sakit kepala tambah parah, dan hal itu harus Anda kenali dengan baik. Apa saja penyebabnya? Berikut 6 penyebab yang membuat sakit kepala semakin arah, dilansir dari Hello Sehat.

1. Cuaca
Cuaca yang berubah drastis dapat membuat sakit kepala tambah parah. Cuaca yang berubah akan menyebabkan adanya perubahan tekanan atau suhu pula, sehingga tidak jarang kondisi tubuh tertentupun menjadi tidak nyaman.

2. Cahaya yang Terlalu Terang
Beberapa jenis pencahayaan, seperti lampu neon atau lampu sorot, dapat membuat sakit kepala kambuh. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah selalu sedia kaca mata hitam. Selain itu Anda juga bisa menggunakan lampu yang ramah pencahayaan di mata, contohnya lampu LED (Light Emitting Diode).

3. Pola Tidur Tidak Teratur
Jika Anda punya banyak aktivitas namun tidak pandai mengatur waktu, hal itu bisa menyebabkan sakit kepala menjadi kambuh. Hal ini umum dan biasanya sering disebabkan oleh pola tidur yang tidak teratur. Pastikan Anda tidur di malam hari selama minimal 7 jam. Menjauhi telepon, tablet atau laptop sebelum tidur juga dapat dilakukan agar sakit kepala tidak tambah parah.

4. Olahraga Terlalu Keras
Berolahraga terlalu keras juga bisa menjadi penyebab sakit kepala bertambah parah. Seperti yang diketahui kalau aktivitas fisik seperti angkat beban dapat membuat rasa sakit di kepala meningkat jika dilakukan berlebihan.

5. Efek Samping Obat-obatan Tertentu
Tidak semua obat bereaksi baik untuk tubuh. Anda tidak bisa menduga apakah obat-obatan yang sedang Anda konsumsi bisa memicu sakit kepala. Pasalnya, beberapa obat yang mengandung nitrogliserin atau albuterol bisa memicu sakit kepala ketika Anda meminumnya. Penting untuk mengetahui kandungan dan jenis obat yang Anda konsumsi, dengan begitu sakit kepala yang Anda rasakan bisa dicegah.

6. Sedang Stres
Tidak jarang, stres bisa menjadi akar dari masalah kesehatan, termasuk sakit kepala yang Anda alami. Sebuah studi menunjukkan bahwa stress karena masalah sehari-hari bisa menyebabkan sakit di kepala meningkat. Untuk mengatasi dampak stress ini, Anda perlu menyadari dan menyelesaikan masalah stress terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk membuat perubahan kecil dalam mengatasi stress yang Anda miliki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES