Peristiwa Nasional Apeksi 2017

Pohon Langka Sala Ditanam di Kota Malang

Kamis, 20 Juli 2017 - 12:26 | 81.85k
Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo menanam pohon Sala. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo menanam pohon Sala. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Apeksi 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perwakilan Kota Surakarta, yang dihadiri Wakil Wali Kota, Achmad Purnomo menanam tanaman langka yang khas dan bersejarah yakni pohon Sala dalam acara Rakernas XII APEKSI.

Dalam rangkaian kegiatan Rakernas XII APEKSI, Achmad menanam pohon Sala saat kegiatan tanam pohon di Taman Singhasari, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (20/11/2017).

Achmad menyebutkan tanaman pohon Sala ini, merupakan tanaman khusus yang hanya ada di Kota Surakarta. Pohon ini, ini juga merupakan pohon yang bersejarah dan menjadi asal usul nama Kota Solo.

Ia menyebutkan pohon Sala ini, merupakan pohon perindang yang biasanya ditumbuh di area pendopo, dan halaman kraton Surakata. Menurutnya, pohon ini sudah jarang ditemukan di Kota Solo, terutama di taman-taman, karena itu saat ini sedang dibudidayakan.

"Pohon khusus ini, berjenis pohon perindang. Biasanya ditemukan di halaman Kraton," kata Achmad.

Achmad-Purnomo-tanam-pohon-salaE3pFr.jpg

Ia menambahkan pohon ini memiliki usia yang sangat panjang, hampir sama dengan usia pohon beringin. Pohon ini dikatakannya, juga berbuah, seukuran buah sawo.

"Namun, sayang buah ini tidak bisa dimakan langsung," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Achmad yang terlihat menikmati fasilitas dan suasana taman Singhasari memuji taman kota ini. Menurutnya, Taman Singhasari bagus dan menyediakan ruang bermain untuk anak, olahraga dan refreshing.

"Taman ini bagus, dan sesuai dengan perencaan tata ruang kotanya. Ini juga menjadi inspirasi saya Kota lain, untuk menyediakan taman yang lengkap fasilitas bagi masyarakat," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES