Wisata

Lintas Sektor Dukung Pengembangan Pariwisata Banyuwangi

Kamis, 20 Juli 2017 - 08:43 | 35.51k
Kemenpar RI dan Disbudpar Banyuwangi membahas realisasi rencana aksi asistensi tata kelola wisata. (Foto : Dian Efendi/TIMES Indonesia)
Kemenpar RI dan Disbudpar Banyuwangi membahas realisasi rencana aksi asistensi tata kelola wisata. (Foto : Dian Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pariwisata RI mengadakan rapat koordinasi lintas sektor terkait asistensi tata kelola destinasi pariwisata khusus Cluster Banyuwangi di El-Royale Hotel Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (19/7/2017).

Poin penting yang dibahas dalam rapat tersebut adalah tindak lanjut  dari rencana aksi atraksi, aksesibilitas, dan amenitas di Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, dan Taman Nasional Meru Betiri.

“Rapat ini merupakan lanjutan hasil identifikasi problem pengembangan tempat wisata yang dilaksanakan pada Mei lalu,” jelas Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Khusus Kemenpar RI, Kusnoto.

Lebih lanjut, Kusnoto menjelaskan, beberapa rencana aksi telah berhasil dilaksanakan tahun ini. Seperti pembangunan tiga menara pengawas pantai Pulau Merah dan menyediaan alat P3K oleh Pokmas setempat.

“Di Sukamade juga telah dibangun Tourist Information Centre, Cafe, rehab warung, dan pembangunan pondok penelitian, ” tambah Kusnoto.

Untuk program penguatan kelembagaan dan industri pariwisata, di Banyuwangi telah dilaksanakan pelatihan kepada 30 orang pemandu wisata lokal Kawah Ijen dan pelatihan pengelolaan Home Stay kepada 100 orang pemilik.

Selanjutnya, untuk mempercepat realisasi rencana aksi yang lain, lintas sektor dipastikan telah memiliki program yang akan dimulai pada semester II tahun 2017.

“Seperti pembangunan pagar pembatas di area Blue Fire Kawah Ijen yang akan dikerjakan BKSDA Wilayah V Banyuwangi pada September mendatang,” jelasnya.

Sebagai informasi, rapat koordinasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko itu dihadiri oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bappeda, Bagian Pembangunan Setda, Dinas PU Pengairan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas PU Binamarga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, perhutani, BKSDA, TN Meru Betiri, dan TN Alas Purwo. Dari lembaga perbankan hadir Bank BCA, Bank BNI 46, Bank Jatim, Bank BRI, dan Bank Mandiri.

Selain itu, acara juga dihadiri perwakilan PHRI, Pokdarwis, Asita, ATAB, IPI, dan beberapa Camat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES