Gaya Hidup

Ajarkan Anak Tidur Tepat Waktu, Ini Manfaatnya

Kamis, 20 Juli 2017 - 01:23 | 235.87k
ILUSTRASI. Anak tidur tepat waktu. (Foto: healthyburnett.org)
ILUSTRASI. Anak tidur tepat waktu. (Foto: healthyburnett.org)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para peneliti mengatakan bahwa tidur tepat waktu sama pentingnya dengan lamanya waktu anak tidur. Tidur pada jam yang sama setiap malam dapat membuat anak-anak terbangun pada jam yang sama keesokan harinya.

Para peneliti di Inggris menemukan bahwa anak-anak yang memiliki jam tidur terjadwal dan tepat waktu menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik. Dikutip dari Hufftington Post, penelitian ini melibatkan lebih dari 11 ribu anak di Inggris dari berbagai usia, yaitu 3,5, dan 7 tahun. Anak-anak tersebut dianalisa dan diuji dalam hal kemampuan membaca, matematika dan ketrampilan spasial.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak pergi tidur pada jam yang sama saat mereka berusia 3 tahun mendapatkan nilai yang lebih rendah dalam tes membaca dan matematika pada usia 7 tahun. Sedangkan anak-anak yang sering tidur larut malam menunjukkan adanya kekurangan dalam hal kemampuan kognitif.

Menerapkan jam istirahat yang sama setiap malam penting dilakukan. Selain disiplin, tidur di waktu yang tepat membuat tubuh dan otak akan menjadi lebih sehat. Anak dengan jam istirahat yang konsisten tidak hanya mengalami perkembangan kognitif yang lebih baik, namun juga kebiasaan dan sikap yang lebih baik.

Lalu bagaimana jika anak susah tidur tepat waktu? Anda bisa mengatur ulang jam tidurnya dengan mengajaknya pergi tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Jangan perkenankan mereka menonton televisi atau menyentuh perangkat elektronik apapun menjelang waktu tidur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : The Asian Parent

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES