Wisata

Ini Cerita Unik di Balik Nama Wisata Kampung Enem

Kamis, 20 Juli 2017 - 00:48 | 117.87k
Wiken di Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. (Foto: Tika/TIMES Indonesia)
Wiken di Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. (Foto: Tika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabupaten Malang memiliki destinasi pelesir baru yang kini menjelma menjadi primadona. Destinasi itu bernama Wiken (Wisata Kampung Enem) yang berlokasi di Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ada cerita unik di balik pemberian nama Kampung Enem. Heri Musfida, Wakil Pengelola Wiken, menjelaskan, ada cerita beredar di masyarakat bahwa dulu hanya ada enam (enem, dalam bahasa Jawa) keluarga yang tinggal di dusun lokasi Wiken.

"Enam keluarga itu tinggal sejak tahun 1950 hingga 1970 di dusun ini," ucapnya.

Kemudian, pada tahun 1970, keenam keluarga itu transmigrasi ke luar Pulau Jawa. Kampung ini sempat kosong beberapa waktu hingga kemudian kembali terisi.

Wisata ini, lanjut dia, merupakan ide dari para pemuda desa. Anak muda Patokpicis melihat beberapa lokasi wisata yang sudah berkembang, dan banyak dikunjungi wisatawan. 

"Mereka melihat ini sebagai peluang. Kemudian, melihat ada potensi di desa dan didirikan Wiken sejak beberapa bulan lain," imbuh dia. 

Ide pengembangan wisata ini kemudian disampaikan kepada pihak Perhutani Malang dan ternyata mendapatkan respon yang positif. 

"Sebelum mengembangkan Wiken, kami belajar dulu ke Gunung Banyak, Batu," tegas dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES