Peristiwa Nasional

Stiker Penanda Maktab Bakal Ditempel di Paspor Jemaah Haji

Rabu, 19 Juli 2017 - 20:00 | 72.39k
Ilustrasi pemasangan stiker maktab di paspor jemaah haji (Foto: kemenag)
Ilustrasi pemasangan stiker maktab di paspor jemaah haji (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai persiapan jelang operasional penyelenggaraan haji, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama mulai melakukan distribusi dan sosialisasi penempelan stiker maktab di seluruh embarkasi dan embarkasi antara Indonesia.

Kasubdit Akomodasi Nasrullah Jasam menyatakan demi kemudahan identifikasi maktab di Mekkah, pemerintah Arab Saudi melalui muassasah menerbitkan kebijakan berupa penempelan stiker maktab di paspor jemaah haji.

Menurut Nasrullah, maktab merupakan lembaga swasta yang bertugas melayani jemaah haji di bawah kendali Muassasah Ahliyah li al Thawafah. "Mereka diberi tanggung jawab melayani jemaah haji oleh pemerintah Arab Saudi," ucapnya.

Ia memaparkan jika 70 maktab akan melayani jemaah haji, yaitu maktab 1-18 dan 20-71 dengan rata-rata per maktab melayani 3.000 jemaah, atau berkisar 7-8 kloter. Sedangkan dasar penempelan stiker maktab adalah hasil qurah pemondokan.

Sementara waktu penempelan stiker maktab akan dilakukan setelah jemaah haji masuk asrama haji. Hal ini dikarenakan nama jemaah sudah definitif sesuai dengan kloternya sehingga tak cemas jika ada perubahan nama atau penundaan keberangkatan.

"Kita juga menyediakan softcopy yang bisa dicetak dan digandakan bila terjadi kerusakan, kehilangan atau kekurangan," sambungnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES