Peristiwa Nasional

Menkeu: Kepercayaan Masyarakat ke Pemerintah Tertinggi di Dunia

Rabu, 19 Juli 2017 - 14:47 | 24.65k
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Dok. Times Indonesia)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Dok. Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menempatkan Indonesia menduduki peringkat pertama dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Survei ini dilakukan oleh salah satu lembaga survei internasional yang berbasis di Amerika Serikat yaitu Gallup World Poll (GWP).

"Indonesia menduduki ranking pertama dalam hal Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup data," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam rilis pers, di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah ini dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya, masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat, tanggap, adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko sekaligus memberikan pelayanan publik secara efektif.

Menurut OECD, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia mencapai 80 persen. Jumlah ini meningkat sebesar 28 persen dibandingkan 2007 silam yang hanya sebesar 52 persen.

Angka itu merupakan angka yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang tergabung dalam OECD, seperti Amerika Serikat 30 persen, Inggris 31 persen, Jerman 55 persen, Perancis 28 persen, maupun negara-negara berkembang non OECD. Yakni, India 73 persen, Brasil 26 persen, dan Afrika Selatan 48 persen. 

Sri Mulayni mengatakan, hasil survei ini merupakan pertanda bahwa pemerintah telah bekerja dengan baik yang diikuti oleh apresiasi masyarakat indonesia yang menaruh kepercayaan terhadap pemerintahnya.

"Kepercayaan terhadap pemerintah berhubungan kuat dengan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan negara mereka. Saat pemerintah dipandang memiliki integritas moral yang tinggi lebih banyak masyarakat percaya pemerintah," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES