Pendidikan

Siswa Baru SMPN 3 Genteng Antusias Ikuti Kegiatan Pengenalan Sekolah

Selasa, 18 Juli 2017 - 14:31 | 157.58k
Siswi baru SMPN 3 Genteng, Banyuwangi, saat mengikuti kegiatan shalat Dhuha berjamaah. (Foto: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)
Siswi baru SMPN 3 Genteng, Banyuwangi, saat mengikuti kegiatan shalat Dhuha berjamaah. (Foto: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah menjadi kegiatan wajib setiap memasuki tahun ajaran baru, para siswa baru mengikuti kegiatan orientasi atau Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Seperti yang dilakukan di SMPN 3 Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur.

Bukan hanya pada guru dan kakak kelas, seluruh kegiatan rutin sekolahan pun dikenalkan.

Dengan kemasan apik dan penuh keakraban, peserta didik baru nampak senang mengikuti PLS. Binar bahagia memancar jelas dari raut wajah anak-anak belasan tahun ini.

"Awalnya malu, tapi setelah dijalani ternyata menyenangkan. Hari ini kami memdapat tugas berkenalan dengan sesama murid baru, dengan kakak kelas dan bapak ibu guru, dengan begitu saya bisa tambah teman, senang pokoknya," ucap Fauzi Ramadhan, salah satu siswa baru asal Desa Genteng Wetan, Selasa (18/7/2017).

Pelaksana tugas (Plt), Kepala Sekolah SMP 3 Genteng, Teguh Lumekso menjelaskan, PLS diberikan untuk melatih mental murid. Serta agar bisa beradaptasi pada lingkungan sekolah.

Teguh mengatakan, dihari kedua ini para murid baru diberi tugas untuk berkenalan dengan sesama murid baru, kakak kelas dan para guru.

SMPN-3-Genteng1erwinAdKyN.jpgSiswa baru SMPN 3 Genteng, Banyuwangi, saat mendengarkan penjelasan guru. (Foto: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)

"Intinya para murid biar kenal sama lingkungan, sehingga mereka bisa nyaman dalam proses belajar mengajar, dan hari ini mereka juga sudah melaksanakan kegiatan rutinitas SMP Negeri 3 Genteng," katanya.

Berbeda dengan sekolah umum kebanyakan, SMPN 3 Genteng, memang memiliki kegiatan rutin religius. Yakni shalat Dhuha setiap pagi hari dan membaca Al Quran sebelum memulai aktivitas belajar mengajar. Sebagai penutup, siswa diajak shalat Dhuhur berjamaah, baru diizinkan pulang ke rumah masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES