Peristiwa

Menag Yakin Paspor Jemaah Haji Siap Tepat Waktu

Selasa, 18 Juli 2017 - 11:28 | 27.42k
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Foto: kemenag)
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku yakin jika proses penyiapan dokumen jemaah haji yang terkait paspor akan selesai sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

"Paspor optimis pada saatnya akan terselesaikan karena prosesnya bertahap. Sampai 27 Juli mudah-mudahan sudah seluruhnya. Paspor gelombang pertama sudah selesai semua. Gelombang kedua mudah-mudahan segera selesai sesuai jadwal kita," ujar Menag.

Data dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) sendiri menyebutkan jika 81 persen atau 171.860 paspor jemaah haji Indonesia saat ini sudah berada di Jakarta untuk proses visa. 

Sementara soal visa, Menag menerangkan jika penerbitannya menjadi kewenangan Pemerintah Saudi. Dalam tiga tahun terakhir, Saudi telah menerapkan e-hajj yang mempersyarakatkan seluruh data informasi setiap jemaah berada dalam satu paket untuk dapat dikeluarkan visanya.

"Ini sistemnya online sehingga cepat. Pengalaman sepekan terakhir, dalam sehari bisa sekitar sepuluh ribu visa yang keluar," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES