Glutera News

Gawat, Orang Indonesia Menua Lebih Cepat

Senin, 17 Juli 2017 - 04:15 | 111.02k
ILUSTRASI: Nutrisi lengkap untuk kulit (Desaign: Glutera News)
ILUSTRASI: Nutrisi lengkap untuk kulit (Desaign: Glutera News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat menginjak umur 30 tahun ke atas adalah hal yang wajar jika tanda-tanda penuaan mulai bermunculan. Misalnya, kulit lebih kering sehingga mudah berkeriput, timbul bintik hitam, atau lebih sensitif.

Namun, bagaimana jika tanda-tanda tersebut sudah mulai dirasakan saat masih berumur 20-an? Dengan kondisi Indonesia sekarang di mana udara makin panas, banyak polusi, tiba-tiba bisa hujan dan sebagainya, umur 25 tahun bisa mengalami penuaan dini.

Dahulu rata-rata orang Indonesia mengalami penuaan saat umur 30-an. Kini, tanda-tanda penuaan mungkin ditemui lima tahun lebih cepat oleh masyarakat Indonesia.

Data lain hasil survei pada 2015 terhadap 492 responden menunjukkan, 9 dari 10 perempuan setuju bahwa bertambahnya usia akan menyebabkan penurunan penampilan fisik seperti muncul tanda-tanda penuaan. Sehingga kemudian akan berpengaruh besar terhadap penilaian orang lain.

Penyebab Penuaan Dini pada Kulit dan Wajah
Kebanyakan wanita selalu peduli akan penampilan dan tidak diragukan lagi, mereka akan melakukan apa saja untuk menjaga penampilan supaya tetap selalu menarik dan cantik. Walau inner beauty dikatakan lebih penting dari penampilan fisik, realitanya penampilan luar justru adalah yang paling berpengaruh. Untuk itu, Anda dapat mengintip beberapa cara menjaga penampilan diri wanita berikut ini agar lebih percaya diri di manapun Anda berada.

Penuaan adalah proses alami yang akan terjadi pada setiap manusia dimana proses penuaan tersebut tidak memandang bulu pada faktor kelamin seseorang, pria atau wanita sama sama akan mengalaminya seiring berjalannya waktu.

Faktor Terbesar Terjadinya Penuaan Dini:

1. Stres Berlebihan 
Stres yang terus menerus akan memicu depresi. Otot wajah dipaksa untuk menegang, mengerut dan sering memicingkan mata.  Lama kelamaan kulit kehilangan kelembabannya. ini akan memicu datangnya garis garis halus disekitar kelopak mata dan dekat mulut.

2. Kurang Istirahat
Kurang istirahat sama saja dengan memaksa otot wajah untuk terus bekerja dan akan menguras kelembabaan alami wajah dan mengalami dehidrasi. otot wajah yang lelah akan mengendur dan saat itulah garis garis keriput mulai bermunculan.

3. Pemakaian Kosmetik Yang Salah 
Hanya mengandaalkan kosmetik murah yang menjanjikan kulit putih dan kencang dalam waktu singkat sama saja meracuni kulit wajah. Bahan dasar pembuatan kosmetik instant selalu memakai bahan kosmetik yang berbahaya yang biasanya dipakai untuk industri, misalnya soda api, hidroquinon, baking soda  dan sebagainya.

4. Polusi Udara
Debu, asap rokok, asaap kendaraan, asap pembakaran sampah dan sebagainya mengandung partikel yang bila menempel dan menetap terlalu ;ama pada lapisan kulit akan menyebabkan munculnya garis penuaan.

5. Sinar Matahari 
Sinar matahari hanya baik untuk kulit vwajah adalah pagi hari , jika pagi menjelang siang (UVA) dan siang menjelang sore (UVB) sangat berpotensi merubah melanin kulit menjadi gelap, kering, tumbuh flek dan memancing datangnya keriput.

6. Perubahan Cuaca 
Perubahan cuaca dari hujan kepanas mempengaruhi kelembaban dan kekenyalan tubuh karena pada saat itulah kolagen dibawah kulit mengalami dehidrasi.

7. Konsumsi Terlalu Banyak Gula
Gula berlebihan dapat merusak secara bertahap jaringan kolagen yang ada dibawah kulit.

8. Kafein Berlebihan 
minuman dan makanan mengandung banyak kafein membuat kulit dehidrasi dan kehilangan ke elastisannya yang memicu cepatnya keriput datang.

9. Alkohol
Alkohol sangat berpotensi merusak fungsi hati yang tugasnya menetralisir rfacun dalam tubuh. jika hati terganggu maka tubuh tidak mampu mengeluarkan racun dengan normal , ini akan mempercepat penuaan terhadap jaringan kolagen.

10. Arang Hitam
Arang hitam selalu digunakan ebagai bahan bakar pembuatan menu sate. partikel arang yang kasat mata akan ikut termakan dan mengendap didalam tubuh hingga menghambat serta merusak sel kolagen. Arang hitam mengandung radikal bebas tinggi.

11. Garam
Mengkonsumsi banyak garam hanya akan merudsak jaringan kolagen dan mengacaukan kesehatan sel darah yang mengakibatkan kulit kekurangan oksigen dan dehidrasi. Garam dapat menyerap kalsium pada tulang hingga menagkibatkan tulang rapuh.

12. Konsumsi Minyak Nabati
Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak nabati hanya akan menaikkan bobot tubuh dan mengubah penampilan wajah menjadi tidak menarik. misalnya makanan gorengan

13. Merokok
Asap rokok adalah biang keladi yang dapat mempercepat penuaan dini bahkan pada orang yang berusia belasan tahun, karena zat racunnya memicu dehidrasi kulit dan membuat jaringan kulit menjadi keracunan.

14. Terlalu Sering Mencuci Muka
Terlalu sering mencuci muka hanya kan membuat sebum atau minyak alami pada kulit hilang dan membuat wajah kering. Wajah yang kering paling mudah untuk dihinggapi garis garis haus sekitar mata.

15. Selalu Berfikir Negatif 
Perasaan yang tidak menentu , khawatir, kecewa berlebihan, emosi dan selalu cemas pada apapun sama saja membuat otot wajah dalam keadaan tidak santai, kondisi seperti ini akan memicu munculnya keriput lebih cepat dari apa yang anda bayangkan.

16. Tidak Pernah Olahraga
Jaringan apapun yang ada didalam tubuh jika tidak pernah olahraga akan cepat mengalami penuaan secara progresif,  jika jaringan dalam  cepat menua bagaiaman mungkin akan terlihat muda diluar?  ini dikarenakan  jaringan tubuh tidak pernah mendapat ruang untuk santai,  segar dan bebas mengeluarkan racun lewat keringat.

17. Tidak Suka Menyantap Sayur dan Buah Setiap Hari
Sayuran dan buah adalah sumber antioksidan yang dapat membantu kita terhindar dari segala bahaya radikal bebas yang dapat memicu munculnya penuaan dini.

18. Kurang Pasokan Air
Kurang minum mengakibatkan kondisi tubuh cepat mendapat serangan kelelahan dan tidak dapat berkonsentrasi. Tubuh yang dehidrasi menyebabkan partikel berbahaya yang ada pada radikal bebas mudah menyerang sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh terganggu.

19. Lupa Membersihkan Muka
Membiarkan wajah tetap bermake up pada saat tidur malam dan tidak membersihkannya akan menutup pori pori yang menyebabkan kulit tidak bisa bernafas, ini akan mempermudaah bakteri berkembang biak dan memicu munculnya kerutan halus disekitar wajah.

20. Terlalu Lama di Ruangan Ber AC 
Terlalu berada didalam ruangan berAC akan membuat kulit kehilangan kelembabannya dan mengurangi kolagen yang ada dibawah kulit. Ini kan mempercepat kulit menjadi keriput karena kekurangan pasokan air.

Karena terlalu mudah mengabaikan kesehatan kulit wajah maka terlalu mudah juga kerutan halus menyerang wajah anda sebelum waktunya. Sangat disayangkan jika pada usia produktif dan masih muda sudah mengalami penuaan dini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES