Wisata

Jambewangi Jungle Lodge, Wisata Adrenalin Paling Diminati

Senin, 17 Juli 2017 - 00:17 | 83.15k
Serunya berwisata di Jambewangi Jungle lodge. Menantang adrenalin wisatawan. (Foto: Dian Efendi/TIMES Indonesia)
Serunya berwisata di Jambewangi Jungle lodge. Menantang adrenalin wisatawan. (Foto: Dian Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski baru berdiri, Jambewangi Jungle lodge, yang familier disebut JJL merupakan satu diantara sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Saat libur Lebaran, Juni lalu, lebih dari tiga ribu orang mengunjungi JJL. Padahal, saat itu tempat wisata yang terletak di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu tersebut baru beroperasi pada H+3 Idul Fitri.

“Respon masyarakat sangat luar biasa. Kebanyakan mereka datang untuk main Tubing,” jelas Darselo, ketua kelompok pengelola JJL, Minggu (16/7/2017).

Menurut Darselo, tingkat kunjungan wisatawan usai lebaran juga relatif stabil. Bahkan, pengunjung yang datang tak hanya dari warga sekitar, tapi banyak pula yang datang dari daerah lain.

“Yang luar kota biasanya datang dengan rombongan besar dan berkemah disini,” tambah Darselo.

wisata1-banyuwangidianBUQHg.jpg

Wisata yang menawarkan tantangan adrenalin itu menyuguhkan keindahan alam pegunungan dan hamparan sawah sepanjang sungai.

Budget yang harus dikeluarkan untuk bermain Tubing pun sangat terjangkau. Yakni hanya Rp 40 Ribu per orang dengan jarak 2,3 kilometer, dan Rp 25 Ribu per orang untuk jarak 1,2 kilometer. Selain untuk orang dewasa, JJL juga memiliki spot tubing untuk anak dengan rute yang aman.

Kepala Desa Jambewangi, Suprayitno, menjelaskan, JJL yang terletak di Dusun Parastembok tersebut murni dikelola oleh warga setempat dan tidak melibatkan investor dari luar.

“Kita libatkan seluruh elemen masyarakat. Pengelolaan kita lakukan secara gotong royong. Contohnya pengelola warung adalah warga setempat yang dikoordinir oleh BUMDes,” tambah Suprayitno.

Fasilitas lain yang ada di JJL diantaranya terdapat  pondok-pondok santai berbahan bambu, kamar mandi, warung, dan Home Stay yang menyajikan keanekaragaman makanan khas Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES