Indonesia Positif

Mas Kelana Dinobatkan Sebagai "Paranporo" Budaya Jawa Timur

Minggu, 16 Juli 2017 - 16:12 | 109.97k
H.Kelana Aprilianto beserta Istri, Hj.Gayatri A.Ardhinindya saat dinobatkan Sebagai
H.Kelana Aprilianto beserta Istri, Hj.Gayatri A.Ardhinindya saat dinobatkan Sebagai "Paranporo" Budaya Jawa Timur di gedung Taman Hiburan Rakyat Surabaya, Sabtu (15/7/2017) malam. (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPD Partai HANURA Jawa Timur, H.Kelana Aprilianto beserta Istri, Hj.Gayatri A.Ardhinindya mendapatkan kehormatan, dinobatkan sebagai "Paranporo" oleh komunitas budaya Jatim. Penobatan politikus Hanura yang akrab disapa Mas Kelana tersebut dilaksanakan di gedung Taman Hiburan Rakyat Surabaya, Sabtu (15/7/2017) malam.

Acara penobatan Mas Kelana bersama istri sebagai "Paranporo" yang berarti pujangga atau pemerhati seni budaya tersebut, dikemas dengan gelaran gebyar seni budaya Jawa Timur dan dihadiri oleh segenap pengurus DPD Hanura Jatim, tokoh budaya Jatim, komunitas budaya, anggota DPRD Propinsi Jatim, anggota Sahabat Kelana Jatim, serta seluruh pencinta seni budaya di Jawa Timur.

Kelana-Aprilianto-B3oUn.jpg

Acara ini Berlangsung secara khidmat dan lancar, Mas Kelana dan Istri yang mengenakan busana adat Jawa, nampak sangat gagah dan anggun saat menerima penobatan sebagai insan kehormatan pelestari kesenian dan kebudayaan daerah tersebut.

"Kami sangat merasa bangga dan terhormat, dinobatkan sebagai Paranporo budaya ini. Karena seni budaya asli Jawa Timur tidak boleh hilang dengan adanya arus globalisasi selama ini. Kesenian seperti, wayang kulit/orang, ludruk dan kesenian daerah lainnya harus dilestarikan. Sebab selama ini sudah banyak generasi muda kita yang sudah tidak mengenal lagi seni budaya lokal dari warisan leluhur kita, dan ini sudah sangat menprihatinkan," terang Mas Kelana didampingi istri tercinta, sesaat usai penobatan.

Lebih lanjut, pria yang berlatar belakang sebagai pengusaha sukses di berbagai bidang usaha tersebut mengatakan, akan mengumpulkan semua tokoh seni budaya lokal di Jatim untuk tetep berkomitmen akan melestarikan seni budaya ini sampai anak cucu, sebagai suatu budaya jati diri khususnya di Jawa Timur.

Kelana-Aprilianto-CXY1FE.jpg

"Agar kesenian budaya daerah ini tidak punah dan tidak hanya menjadi sejarah budaya Bangsa Indonesia saja. Namun tetap lestari dan dinikmati hingga generasi penerus kita mendatang. Karena melalui seni budaya, akan merekatkan bangsa ini supaya tidak terjadi dis-integrasi.

Melalui seni budaya saya akan merekatkan elemen suku budaya Bangsa Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Semua itu akan bisa terwujud, dengan adanya tokoh lokal yang akan memperjuangan dan peduli akan kesenian budaya daerah agar tidak punah tergerus oleh jaman dan teknologi dari luar negeri," pungkas Mas Kelana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-7 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES