Peristiwa Nasional

Peristiwa Penting pada 15 Juli, Lahirnya Industri Pesawat Boeing

Sabtu, 15 Juli 2017 - 10:15 | 38.50k
Pesawat Boeing 737
Pesawat Boeing 737

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda yang sering berpergian dengan pesawat terbang tentunya tak asing dengan pesawat buatan Boeing. Pesawat ini tercatat sebagai armada yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Pesawat kepresidenan Indonesia juga menggunakan Boeing, yakni  Boeing Business Jet 2.

Sejarah mencatat, 15 Juli 1916 adalah cikal bakal berdirinya pabrik pesawat Boeing. Saat itu, William E. Boeing mendirikan pabrik pesawat terbang di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Ketika itu, William E. Boeing memberi nama perusahaanyabernama  Pacific Aero Products sebelum berganti nama menjadi Boeing Airplane Company setahun kemudian.

Dalam perkembangannya, Boeing membuat pesawat untuk militer Amerika Serikat yang saat itu terlibat dalam perang dunia I dan II. Namun setelah itu, Boeing memantapkan diri sebagai produsen pesawat angkut/komersil meski tetap menjalin kerjasama pembuatan pesawat militer dengan beberapa negara, khususnya Amerika Serikat.

Berikup peristiwa penting yang terjadi pada 15 Juli.

1916 -  Perusahaan produsen pesawat bernama Pacific Aero Products didirikan di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS) oleh William E. Boeing. Perusahaan tersebut berubah nama menjadi Boeing Airplane Company pada 1917 dan berubah lagi menjadi The Boeing Company pada 1997. Kini, The Boeing Company menjadi salah satu produsen pesawat terbesar di dunia.

1946 - Setelah berakhirnya Perang Pasifik, Australia menyerahkan kembali wilayah Indonesia timur kepada Belanda.

2012 - Gangnam Style, lagu yang dipopulerkan PSY, dirilis untuk pertama kali.

2013 -  Kerusuhan meletus gara-gara pertandingan tinju terjadi di Papua, Indonesia. Sekelompok pendukung petinju yang kalah dalam sebuah pertandingan menyerbu kubu pendukung si pemenang. Sebanyak 17 orang tewas dalam peristiwa tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES