Politik

Menelisik Sosok Alex Noerdin dan ESP di Pilkada Palembang

Jumat, 14 Juli 2017 - 22:38 | 29.61k
ILUSTRASI - Pilkada Serentak (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Pilkada Serentak (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua tokoh ini dinilai bakal menentukan kontestasi Pilkada Kota Palembang apabila mengarahkan dukungannya kepada kandidat.

Tokoh tersebut yakni Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang juga ketua DPD Partai Golkar Sumsel dan Eddy Santara Putra mantan walikota Palembang dua periode. 

Alex dinilai menjadi tokoh yang berpengaruh di Pilkada Palembang karena dinilai sukses dalam pembangunan infrastruktur dampak dari SEA Games 2011 dan Asian Games 2013.

Direktur Eksekutif LKPI Arianto, punya catatan soal ini. Dia menjelaskan kesuksesan Alex dengan berbagai pembangunan di Kota Palembang terkait Asian Games berpengaruh terhadap tokoh yang direstuinya di Pilkada Palembang.

"Sekitar 32 persen pemilih menyukai siapapun tokoh yang akan direstui Alex Noerdin di Pilkada Palembang,“ ungkapnya.

Sementara, pengaruh elektoral bisa mencapai 15 – 18 persen. "Maka restu Mantan Bupati Muba ini dinilai berpengaruh bagi kandidat yang diusung atau didukung, " kata Dia. 

Terkait kontestasi pilkada Palembang arah dukungan orang nomor satu Sumsel ini paling ditunggu oleh para kandidat termasuk sang petahana sehingga tidak heran Golkar juga jadi incaran pendaftaran kendidat.

Sementara,  Eddy Santana Putra dinilai efektif dan berpengaruh terhadap kandidat yang didukung karena memiliki loyalis di Kota Palembang sebagai mantan Walikota Palembang yang sukses menata dan mengubah citra Palembang semasa kepempimpinannya. 

Menurut Direktur Rumah Citra Indonesia M.  Zulfikar, sosok Eddy akan memberikan citra tersendiri sebagai kandidat yang didukung untuk meyakinkan pemilih Palembang terutama para loyalis dan pengagum politisi PDIP ini. 

"Maka tidak heran jika para kandidat juga meminta dukungan kepada mantan orang nomor satu Kota Palembang ini," terangnya.

"Yang menarik justru jka dua tokoh berpengaruh di Palembang tersebut yakni Alex dan Eddy mendukung kandidat yang sama, diyakini bakal mampu bersaing di Pilkada Palembang bahkan memenangkan kontestasi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES