Peristiwa Daerah

Atur Pola Kerjasama Kelola Bandara Blimbingsari, AP II Inventaris Aset

Jumat, 14 Juli 2017 - 21:31 | 27.04k
Bupati Anas dan Kadishub Banyuwangi Kusiyadi menemui Tim Teknis AP II.  (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Bupati Anas dan Kadishub Banyuwangi Kusiyadi menemui Tim Teknis AP II. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rencana PT Angkasa Pura II (Persero) mengelola Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, terus dimatangkan. Tim AP II sudah mengunjungi Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan verifikasi aset yang ada di bandara dengan terminal hijau pertama di Indonesia tersebut.

Kepada TIMES Indonesia, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pengembangan bandara menjadi salah satu kunci mendorong kemajuan daerah. Pemerintah daerah mendukung apapun keputusan pemerintah pusat terkait pengembangan Bandara Banyuwangi yang pengelolaannya akan digeser PT AP II, dari yang sebelumnya dikelola Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Kementerian Perhubungan.

"Bandara sangat bergantung ke pemerintah pusat. Hampir seluruhnya adalah kewenangan pemerintah pusat. Jadi kami dalam posisi mendukung apapun keputusan pemerintah pusat soal pengembangan bandara Banyuwangi ke depannya," ujar Anas, Jumat (14/7/2017).

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Kusiyadi menambahkan, saat ini tiga pihak, yaitu Kemenhub, AP II, dan Pemkab Banyuwangi terus berkoordinasi untuk menyiapkan pola kerjasama. Saat ini telah dilakukan inventarisasi fasilitas apa saja yang akan ditambah di bandara.

"Pengelolaan Bandara Banyuwangi nantinya akan berbeda dengan bandara lainnya. Karena Banyuwangi ini bandaranya sangat spesifik, peran pemerintah daerah juga menonjol. Jadi akan dipikirkan polanya," ujarnya.

Kusiyadi optimistis, dengan sinergi para pihak itu, bandara Banyuwangi bisa terus berkembang, bahkan bisa menjadi penyangga utama Bandara Ngurah Rai, Bali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES