Wisata

Menikmati Surga Tersembunyi di Air Terjun Gentongan

Sabtu, 15 Juli 2017 - 06:27 | 118.00k
Air terjun gentongan di Desa Watu Capil Kecamatan Ijen (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)
Air terjun gentongan di Desa Watu Capil Kecamatan Ijen (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur memang surganya air terjun, salah satunya air terjun Gentongan yang berada di Desa Watu Capil Kecamatan Ijen. 

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, wisatawan haarus menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter yang berada di daerah rumah warga. 

Perjalanan menuju lokasi air terjun cukup menantang. Jalan menurun yang cukup curam membuat wisatawan harus berhati-hati. Tetapi hal itu akan terbayar saat melihat keindahan air terjun Gentongan. 

Air-Terjun-GentonganVR9Y.jpg

Di sini wisatawan serasa berada di pinggiran surga karena pemandangan alam yang ada sangat indah dan didukung hawa sejuk yang menyegarkan.

"Perjalanan ke air terjun ini sangat melelahkan, tapi kebayar dengan pemandangan air terjun yang indah. Jalannya sih agak menuruni tebing yang sedikit curam tapi aman, karena disarankan warga lewat lapangan sepak bola Desa Watu Capil," ujar Ahmad Nuril, mahasiswa asal Jember, Jumat, (14/7/2017).

Air terjun yang masuk dalam kawasan Afdeling Watu Capil ini, memiliki kekhasan, yakni airnya berwarna biru agak kehijauan. Air tersebut berasal dari rembesan kawah ijen, maka itu banyak mengandung belerang.

Air terjun Gentongan ini dinamai karena konturnya yang menggantung, di bebatuan atau tebing. Maka dinamai gentongan yang dalam bahasa Madura  artinya menggantung.

"Posisinya bagus, jadi air kayak jatuhnya dengan menggantung kebebatuan disampingnya," imbuhnya.

Kecamatan Ijen memanglah lokasi yang banyak menawarkan wisata alam, mulai dari kawah ijen, kawang Wurung, air terjun Blawan, puncak Megasari dan kini air terjun Gentongan ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES