Peristiwa Internasional

Peristiwa Penting pada 14 Juli, Dimulainya Revolusi Perancis

Jumat, 14 Juli 2017 - 08:30 | 826.56k
ILUSTRASI: Revolusi Perancis. (Foto: Seni Berpikir)
ILUSTRASI: Revolusi Perancis. (Foto: Seni Berpikir)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejarah mencatat sebuah peristiwa penting pada 14 Juli. Sebuah peristiwa yang mengubah kehidupan warga Perancis dan Eropa pada umumnya.

Peristiwa yang dikenal dengan Revolusi Perancis ini terjadi pada tahun 1789. Ketika itu, massa menyerbu Paris Bastille, sebuah benteng dan penjara yang dianggap sebagai salah satu simbol utama dari absolutisme kerajaan di Perancis.

Peristiwa yang menandai awal dari Revolusi Perancis ini berujung pada perubahan bentuk pemerintahan Perancis dari kerajaan menjadi republik. Peristiwa ini terjadi pada masa pemerintahan Louis XVI pada abad ke-18.

Revolusi ini memiliki semboyan: liberte, egalite, fraternite (kebebasan, persamaan, persaudaraan).

Di Indonesia, peristiwa penting juga terjadi pada 14 Juli 1945. Pada tanggal itu, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno.

Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD

Konsep proklamasi kemerdekaan rencananya akan disusun dengan mengambil tiga alenia pertama Piagam Jakarta. Sedangkan konsep Undang-Undang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat Piagam Jakarta.

Berikut peristiwa penting yang terjadi pada 14 Juli.


1789 - Revolusi Perancis, di mana Bastille Day adalah hari libur yang setara dengan Fourth of July (Hari Kemerdekaan) di Amerika Serikat.

1865 - Edward Whymper, seorang pendaki gunung Inggris, memimpin pendakian pertama Matterhorn yang berhasil, yakni puncak ketiga tertinggi Alpen. Dalam ekspedisi ini, empat dari tujuh laki-laki dalam ekspedisi itu tewas dalam perjalanan turun ke bawah.

1945 - Rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno.

1958 - Revolusi Irak: Raja Faisal II dijatuhkan kaum nasionalis Arab; Abdul Karim Kassem menjadi pemimpin baru Irak.

1965 - Pesawat ruang angkasa AS Mariner 4 melintas dalam jarak 9.846 km dari Mars, membawa foto beresolusi rendah dan data lain yang menunjukkan atmosfer tipis dan suhu rendah planet itu.

2011 - Gunung Lokon di Sulawesi Utara meletus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES