Peristiwa Daerah

Bondowoso Mendapat Predikat Kabupaten Layak Anak

Jumat, 14 Juli 2017 - 05:19 | 100.74k
ILUSTRASI: Anak-anak. (Foto: Elshinta)
ILUSTRASI: Anak-anak. (Foto: Elshinta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menetapkan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sebagai Kabupaten Layak Anak pada 2017.

Nunung Setianingsih, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Bondowoso mengatakan, dirinya menerima pemberitahuan tersebut pada Kamis (13/07/2017) sore.

Predikat itu kata dia, berkat kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso yang sejak April lalu telah mempersiapkan dokumen kegiatan guna mengikuti verifikasi Kabupaten Layak Anak (KLA).

"Sejak April kita upload foto dan dokumen yang dibutuhkan dan berhubungan dengan program layak anak yang dilaksanakan lintas sektoral," tuturnya. 

Ia menambahkan untuk dapat verifikasi lapang, seleksi administrasi harus memperoleh skor di atas 500, "Alhamdulillah kita dapat skor 628," ucapnya.

Dengan skor tersebut, tim seleksi KLA dari Kementerian PPPA melakukan verifikasi lapang yang dilaksanakan di 12 lokasi secara acak, diantaranya, Puskesmas Grujugan, SD  Dabasah 3, PAUD, Taman Bermain dan Perpustakaan Desa. 

"Sejak lolos seleksi administrasi, kita betul-betul mempersiapkan verifikasi lapang sebaik mungkin. Tim KLA mengunjungi 12 titik yang terdapat di dokumen secara acak. Tadi sore dapat informasi kalau lolos. Alhamdulillah," kata Nunung. 

Menanggapi prestasi ini, Bupati Bondowoso H Amin Said Husni memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Bondowoso. Prestasi ini kata dia, kembali menegaskan bahwa Bondowoso punya sumber daya alam dan manusia yang unggul dan dapat berprestasi di tingkat Nasional. 

Bupati Amin Said Husni menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Dinas PPKB dan tim yang terlibat karena telah bekerja keras hingga predikat Kabupaten Layak Anak bisa didapat oleh Bondowoso. 

"Terima kasih dan apresiasi saya tujukan kepada jajaran Dinas PPKB," ucap Amin.

Rencananya, penghargaan kepada Bondowoso sebagai Kabupaten Layak Anak akan disampaikan pada 22 Juli di Riau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES