Peristiwa Daerah

Ini Nih, 10 Bantuan CSR Semester Pertama Pupuk Kaltim di Guntung

Rabu, 12 Juli 2017 - 18:24 | 85.73k
Manager CSR Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro menjelaskan 10 program CSR yang telah dilaksanakan kepada Direksi dan Komisaris saat Launching program CSR Pupuk Kaltim di Guntung, Selasa (11/7/2017). (Foto : Ade Humas PKT for Times Indonesia)
Manager CSR Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro menjelaskan 10 program CSR yang telah dilaksanakan kepada Direksi dan Komisaris saat Launching program CSR Pupuk Kaltim di Guntung, Selasa (11/7/2017). (Foto : Ade Humas PKT for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Launching 10 (sepuluh) program Corporate Social Responsibility (CSR) oleh PT Pupuk Kaltim di wilayah Kelurahan Guntung, Kota Bontang telah dilaksanakan pada Selasa (11/7/2017) Sore. Total bantuan CSR senilai Rp1,34 miliar r di tujuh RT Kelurahan Guntung

Berikut 10 program bantuan CSR Pupuk Kaltim tersebut :

1. Pembangunan Rumah Kreatif 3R (Rp 175 juta)

Pupuk Kaltim berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan merealisasikan penerapan 3R (reduce, reuce dan recycle) di Kelurahan Guntung dengan membangun Rumah Kreatif 3R. Program ini juga merupakan bentuk sinergi Pupuk Kaltim dengan Pemerintah Kota Bontang untuk mewujudkan Green City.

Program ini bertujuan sebagai tempat pengelolaan sampah atau barang bekas untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomis, mewujudkan masyarakat yang lebih peduli terhadap lingkungan, serta menciptakan masyarakat yang kreatif dan sejahtera.

2. Penanaman Barrier (Rp 490 juta)

Pupuk Kaltim melakukan penanaman barrier di lokasi perbatasan antara Kelurahan Guntung dengan Perusahaan. Program ini tertuang di dalam dokumen lingkungan Perusahaan. Perusahaan berupaya untuk terus mengendalikan limbah emisi (amoniak dan partikulat) yang dihasilkan sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat buffer zone. Selain sebagai penghijauan, penanaman barrier bertujuan untuk mendorong kegiatan konservasi air sehingga ketersediaan air permukaan dan air tanah tetap terjaga.

3. Pembangunan Posyandu Lansia (Rp 92,2 juta)

posyandu-lansia3GOd.jpg

Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pupuk Kaltim dengan membantu  peningkatan program kesehatan lansia (lanjut usia), pendataan dan pemantauan terhadap gizi lansia, edukasi serta konseling terhadap kesehatan.

4. Pembangunan PAUD Nice Kids (Rp 100 juta)

Pupuk Kaltim berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kota Bontang, khususnya di Kelurahan Guntung dengan membangun sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pendidikan. Bantuan ini untuk memfasilitasi tenaga pendidik PAUD untuk menjalankan kegiatan mengajar untuk anak-anak usia dini.

5. Gapura Selamat Datang di Kelurahan Guntung (Rp 36 juta)

Bantuan ini sebagai bentuk dukungan Pupuk Kaltim kepada Kelurahan Guntung untuk menjadi “Kampung Adat Sejahtera”. Bantuan ini bertujuan untuk memperkenalkan identitas atau ciri khas Kelurahan Guntung kepada masyarakat yang berkunjung ke sana.

6. Pembangunan Sekretariat Mekar Sari dan Demplot (Rp 116 juta)

Sekretariat-Mekar-SariyzgL0.jpg

Bantuan fasilitas ini bertujuan sebagai tempat pertemuan rutin kelompok masyarakat serta sebagai tempat atau kebun percontohan untuk menerapkan hasil produksi kompos, baik padat maupun cair.

7. Pembangunan Gapura Kampung Hijau (Rp 160 juta)

Bantuan ini bertujuan sebagai role model RT bersih di Kelurahan Guntung serta sebagai identitas program CSR Pupuk Kaltim.

8. Pembuatan Taman dan Penghijauan (Rp 20,8 juta)

Bentuk dukungan Pupuk Kaltim dalam mewujudkan Kelurahan Guntung sebagai “Kampung Adat Berseri Sejahtera”. Pembuatan taman dan penghijauan bertujuan untuk menjadikan lingkungan asri dan indah yang dapat dinikmati masyarakat saat memasuki gerbang utama Kelurahan Guntung.

9. Pembuatan Peta Binaan (Rp 30 juta)

Dukungan Pupuk Kaltim dalam mewujudkan Kelurahan Guntung sebagai “Kampung Wisata Secara Mandiri”.  Pembuatan Peta Binaan bertujuan untuk memudahkan masyarakat atau Perusahaan pemberi bantuan dalam menemukan tempat binaan di Kelurahan Guntung.

Peta Binaan juga menjadi gambaran bahwa Kelurahan Guntung memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

10. Motor Pintar (Rp 120 juta)

Motor-PintarLVuvK.jpg

Realisasi dari tagline CSR Pupuk Kaltim, yaitu Creating a Better Society. Pupuk Kaltim ingin menciptakan kualitas masyarakat yang lebih baik melalui peningkatan minat baca. Dengan bantuan Motor Pintar ini, perusahaan berharap agar generasi muda dapat menambah wawasan.

Bantuan ini juga dimaksudkan dalam rangka meningkatkan minat baca nasional yang telah dicanangkan oleh Menteri BUMN serta mendukung program Pemerintah Kota Bontang, yaitu Smart City. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES