Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pariwisata

Pantai Sine, Parangtritis Ala Tulungagung

Kamis, 13 Juli 2017 - 01:35 | 195.14k
Pesona Pantai Sine Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Pesona Pantai Sine Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pariwisata

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Kecantikan Kabupaten Tulungagung tak diragukan lagi. Setiap sudut dapat mengeksplore dan menjadi potensi obyek wisata. Utamanya obyek wisata pantai. 

Kabupaten yang berada kurang lebih 150 km dari ibukota Provisi Jawa Timur memang letaknya di pesisir Pantai Selatan (Pansela) Jawa. Tak heran jika Tulungagung memiliki bentang pantai kurang kebih 51 km dengan jumlah pantai lebih kurang 20 pantai. 

Salah satunya Pantai Sine, pantai ini terlerak di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir, yang berjarak kurang lebih 45 km dari pusat Kota Tulungagung. Untuk menuju pantai ini, wisatawan dapat menggunakan transportasi kendaraan roda dua, roda empat maupun bus kecil.

Akses menuju pantai sudah sangat bagus, sebab pada tahun 2014 kemarin Pemerintah Kabupaten Tulungagung mulai mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan akses menuju kawasan wisata. Harapannya makin banyak wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Tulungagung.

Pantai-Sine-Kabupaten-Tulungagung-perahuCruxB.jpg

Sesampainya di pantai, wisatawan akan disuguhi panorama pantai yang sangat indah. Kalau dilihat pantai ini seperti Pantai Parangtritis di Yogyakarta, menurut Togi salah satu pengunjung yang kami wawancarai.

Disamping menikmati suasana pantai yang indah, pengunjung dapat menyewa ATV untuk sekedar bermain motor ATV berkeliling pantai yang memiliki bentang pantai kurang lebih 5 km ini. 

Puas bermain ATV, pengunjung dapat menyewa sepeda perahu sambil menikmati indahnya danau cinta yang letaknya bersebelahan dengan pantai. Danau ini sangat tenang airnya, sehingga wisatawan pasti betah berlama - lama bermain sepeda air.

Puas dan lelah setelah bermain ATV dan sepeda air, wisatawan dapat menikmati kuliner khas Pantai Sine yaitu nasi ikan asap sambal bawang di bawah rimbunan pohon cemara. 

Pantai-Sine-Kabupaten-Tulungagung-2hgZf.jpg

Memang di sekitar pantai ini, juga banyak ditanami pohon cemara dan bahkan menyerupai hutan cemara.

Untuk oleh - oleh, pengunjung dapat membeli ikan tuna asap maupun ikan basah. Selain kawasan wisata, Pantai Sine juga merupakan kawasan permukiman nelayan, sehingga wisata dipantai ini, cukup komplit. 

Yang perlu diperhatikan oleh pengelola, pengunjung serta warga setempat untuk selalu menjaga kebersihan kawasan Pantai Sine ini, sehingga wisatawan memberikan kenyamanan dan kenangan berwisata di Pantai Sine. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES