Peristiwa Nasional

Kemenkumham Buka Pendaftaran 19.210 CPNS

Rabu, 12 Juli 2017 - 11:42 | 35.59k
Menteri PANRB Asman Abnur (tengah) saat jumpa pers mengenai pembukaan pendaftaran CPNS di Jakarta, Selasa (11/7/2017). (Foto: Menpan.go.id))
Menteri PANRB Asman Abnur (tengah) saat jumpa pers mengenai pembukaan pendaftaran CPNS di Jakarta, Selasa (11/7/2017). (Foto: Menpan.go.id))

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran CPNS tersebut akan dilakukan secara online melalui website resmi kementerian di cpns.kemenkumham2017.go.id.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

"Ada 19.210 formasi untuk kedua instansi. Kuota tersebut termasuk untuk lulusan cumlaude sebanyak 468 orang, sedangkan putra dan putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang," jelas Menteri Asman dalam rilis pers, Rabu (12/7/2017).

Seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menteri Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, peserta akan langsung mengetahui nilainya.

"Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan," ujarnya. 

Pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus. Informasi lebih lanjut bisa dilihat melalui situs resmi berikut.
a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum.mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES