Peristiwa Nasional

Peristiwa Penting pada 12 Juli, Sejarah Berdirinya Koperasi

Rabu, 12 Juli 2017 - 09:15 | 307.47k
ILUTRASI: Koperasi (Foto: istimewa)
ILUTRASI: Koperasi (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tanggal 12 Juli menjadi spesial bagi para pelaku koperasi di Indonesia. Ini karena 12 Juli ditetapkan sebagai hari Koperasi Indonesia.

Sejarah berdirinya koperasi di Indonesia sangatlah panjang. Ini dimulai pada tahun 1989 saat seorang Asisten Rasiden Afdeeling Karesidenan Banyumas De Wolff van Westerrode memiliki keinginan mendirikan koperasi kredit (crediet-cooperatie) agar petani terhindar dari lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga tinggi.

Namun sumber lainnya menyebutkan, pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R Aria Wiriatmaja di Purwokerto mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negeri (priyayi). Dirinya terdorong untuk menolong para pegawai yang makin menderita karena terjerat oleh lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi.

Adapun penetapan 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia karena pada 12 Juli 1947 lalu terdapat Kongres Koperasi yang digelar di Tasikmalaya. Kongres tersebut merupakan Kongres Koperasi pertama yang diadakan di Indonesia dan ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Pada kongres itu juga dibentuk Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya.

Berikut peristiwa penting yang terjadi pada 12 Juli.

1812 - Amerika Serikat menginvasi Kanada di Windsor, Ontario.

1947 - Hari Koperasi Indonesia

1975 - Monumen Nasional resmi dibuka untuk umum.

1975 - São Tomé dan Príncipe menyatakan kemerdekaannya.

1979 - Negara pulau Kiribati merdeka.

1998 - Perancis yang saat itu diperkuat Zinedine Zidane menjuarai Piala Dunia FIFA 1998 dengan mengalahkan Brazil dengan skor 3-0.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES