Peristiwa Daerah

Warga Kota Probolinggo Diajak Ramah Ikan dengan K'Rami

Rabu, 12 Juli 2017 - 11:15 | 43.44k
ILUSTRASI: Pedagang ikan (Foto: daboribo)
ILUSTRASI: Pedagang ikan (Foto: daboribo)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemkot Probolinggo mengajak keluarga, kampung, kelurahan, kecamatan, kantor, kawasan, dan kota agar ramah ikan. Ajakan dimaksudkan untuk meningkatkan konsumsi ikan yang selama ini masih rendah.

Konsumsi ikan di Kota Probolinggo masih 32,6 kilogram per kapita per tahun. Padahal target nasional, per kapita harus mengkonsumsi 41 kilogram per tahun dengan maksud untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo, Budi Krisyanto mengatakan, ajakan itu dilakukan lewat gerakan K'Rami. Ini merupakan akronim dari Keluarga, Kampung, Kelurahan, Kecamatan, Kantor, Kawasan, dan Kota ramah ikan.

"Keluarga ramah ikan adalah yang anggotanya sadar akan manfaat ikan dan mengkonsumsinya. Kampung dan kelurahan yang ramah ikan adalah yang punya kebijakan dan program terkait dengan perikanan," katanya.

Untuk mendukung langkah tersebut, Pemkot Probolinggo tengah menyiapkan peraturan wali kota (perwali). Dengan demikian, target konsumsi ikan bisa terpenuhi atau bahkan terlampaui. Apalagi di Kota Probolinggo ada Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan.

Dengan adanya pelabuhan, produksi ikan di Kota Probolinggo melimpah. Sepanjang tahun 2015, produksi ikan sebesar 462 ton lebih. Terdiri dari produksi ikan tangkap sebesar 15.031,33 ton dan produksi ikan tawar sebesar 447.483 ton. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES