Tekno

Taocafe, Supermarket Alibaba Grup Ini tanpa Pegawai

Rabu, 12 Juli 2017 - 08:04 | 142.93k
Suasana supermarket tanpa kasir
Suasana supermarket tanpa kasir "Taocafe". (Foto: pstatp.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Umumnya sebuah supermarket memiliki pegawai seperti kasir, penjaga toko, bahkan manajer toko. Namun, hal menarik terjadi di China baru-baru ini. Alibaba memperkenalkan konsep supermarket baru bernama Taocafe. Supermarket ini mencuri perhatian dunia karena tak memiliki pegawai.

Saat ingin berbelanja di Taocafe, pengunjung yang ingin masuk hanya perlu memindai QR Code pada aplikasi Taobao. Selanjutnya, pengunjung bebas belanja apa saja dan makan di food court yang tersedia.

Pembayaran dilakukan di akhir kunjungan. Tidak ada transaksi dengan uang fisik, melainkan lewat layanan pembayaran digital Alipay, demikian dikutip dari Kompas, Rabu (12/7/2017).

Pengunjung berbelanja di Taocafe. (Foto: pstatp.com)

Jika tak ada pegawai, bagaiman jika ada pencurian? Ternyata hal ini juga sudah diantisipasi. Pengunjung yang menyembunyikan barang belanjaan di dalam tasnya (bukan pada plastik yang disediakan), sistem tetap mampu mengidentifikasinya dan memotong saldo Alipay secara langsung.

Inovasi dari Alibaba Group ini lagi-lagi bisa dibilang sebagai "penghancur" industri. Meski demikian, pengunjung supermarket ini menilai belanja di Taocafe lebih praktis karena tak harus antre di depan kasir.

Konsep pertama Taocafe dibuka 24 jam dan berdiri di area 200 meter persegi dan terletak di pusat Hangzhou, China. Perwakilan Alibaba mengatakan Taocafe diproyeksikan akan menjadi supermarket komersil yang tersebar di mana-mana, namun belum dalam waktu dekat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES