Politik

Reboisasi Bantaran Sungai, NasDem Banyuwangi Lakukan Pembibitan Bambu

Selasa, 11 Juli 2017 - 23:49 | 52.85k
Jajaran DPD Partai Nasdem Banyuwangi, saat melakukan pembibitan bambu di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu. (Foto: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Jajaran DPD Partai Nasdem Banyuwangi, saat melakukan pembibitan bambu di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu. (Foto: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kader Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Banyuwangi, Jawa Timur, terus menebar kemanfaatan pada masyarakat. Kali ini mereka menggelar pembibitan bambu di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu.

Kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Perhutani KPH Banyuwangi Selatan tersebut dilakukan sebagai langkah awal Gerakan Reboisasi Bantaran Sungai.

“Sebagai upaya mengembalikan fungsi tanaman untuk penahan erosi dan pengikat air agar debit air sungai bisa lebih stabil,” ucap Ketua DPD Partai NasDem Banyuwangi, Ir H Supriyadi, Selasa (11/7/2017).

Selama kegiatan, puluhan kader Partai besutan Surya Paloh ini terlihat sangat bersemangat. Mereka langsung berkutat dengan pupuk, lumpur dan tanah untuk menanam bibit bambu. Mereka berbaur menjadi satu dengan masyarakat desa pinggiran tersebut.

Bahkan, Supriyadi, Ketua DPD, mengajak seluruh warga untuk makan bersama sambil bercengkerama tentang berbagai keterbatasan yang dialami masyarakat tepi hutan.

nasdem-tanam-syarif0R35E.jpg  
“Kami senang bisa mendengar sendiri keluh kesah masyarakat, dengan begitu kami bisa membantu jalan keluar solusi,” ungkap Supriyadi.
 
Disebutkan, kegiatan bernuansa sosial seperti pembibitan bambu ini sengaja digenjot DPD Partai NasDem Banyuwangi, bukan semata-mata untuk menebar kemanfaatan.

Namun juga untuk kepentingan internal kader, yakni sebagai wahana edukasi bahwa manusia tidak cukup memiliki kebaikan saja. Tapi hadir langsung pada sesama dengan keikhlasan jauh lebih utama.

Dalam program Restorasi Lingkungan, selain melakukan pembibitan bambu untuk reboisasi bantaran sungai, DPD Partai NasDem Bumi Blambangan, juga melakukan penanaman terumbu karang di teluk Aking, Muncar. Pembersihan aliran dan penaburan bibit lele di sungai Kali Lo Banyuwangi, penanaman 15 ribu mangrove di pantai Kawang, Muncar serta penyediaan sarana sampah di Muncar dan Grajagan. Tak ketinggalan, penanaman cemara udang dan pelepasan tukik di pantai Cemara.

“Dan kita selalu mengimbau seluruh kader untuk senantiasa turun ke masyarakat guna melakukan pembinaan dan pendampingan sesuai dengan kebutuhan,” kata Supriyadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES