Kuliner

Yuk Intip Asal Usul Kopi dari Seluruh Dunia

Rabu, 12 Juli 2017 - 05:08 | 24.19k
ILUSTRASI: Petani kopi. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Petani kopi. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kopi minuman yang dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan semangat. Kopi sendiri telah menyebar keseluruh dunia sejak abad pertengahan. Namun siapa sangka, ada kisah menarik dibalik kebiasaan ngopi diberbagai Negara. 

Dikutip dari qraved.com berikut asal muasal kopi dari berbagai Negara 

Ethiopia

Beragam sumber menyatakan bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh gembala kambing asal Ethiopia sekitar abad ke-11. Awalnya, biji kopi yang dianggap sebagai buah berry disantap oleh para kambing. Tak disangka, "buah berry" tersebut membuat kambing-kambing menjadi sangat enerjik dan sulit terlelap di malam hari. 

Sang gembala pun melaporkan penemuannya ke kepala biara pria setempat. Akhirnya, kepala biara menyebarkan kabar tentang "buah berry" pengusir kantuk tersebut kepada biarawan lain dan sejak itulah penyebaran kopi menjadi semakin meluas hingga Semenanjung Arab. 

Arab

Sebelum tersebar ke seluruh dunia, penanaman dan jual beli biji kopi diyakini pertama kali dimulai di negara Arab. Gaya menikmati kopi ala coffee shop yang kini telah merasuk hampir ke seluruh negara di dunia pun disinyalir berasal dari Arab. 

Arab juga dinilai menjadi pionir kultur menyeruput secangkir kopi sambil berbincang, mendengarkan musik, menonton pertunjukan, bermain catur atau membaca berita. 

Eropa

Konon, negara Eropa baru mengenal sajian kopi pada abad ke-17. Karena memiliki rasa pahit dan warna hitam pekat, kopi sempat dijuluki sebagai minuman ciptaan setan sehingga membuat masyarakat merasa resah. Keresahan yang timbul di tengah masyarakat akhirnya menggerakan Paus Clement VIII untuk mencicipi "minuman ciptaan setan" tersebut. 

Tak disangka, sang Paus justru sangat menyukainya dan memberikan pernyataan bahwa kopi bukanlah minuman berbahaya atau ciptaan makhluk gaib. Peristiwa itu sekaligus menandai persebaran kopi di negara-negara Eropa, seperti Inggris, Austria, Prancis, Jerman, dan Belanda. 

Amerika Tengah dan Selatan

Keberadaan kopi di Amerika Tengah dan Selatan disinyalir berasal dari biji kopi yang ditanam oleh seorang anggota angkatan laut Prancis bernama Gabriel de Clieu di Martinique (wilayah luar negara Prancis) pada tahun 1723. Secara spesifik, sejarah mencatat bahwa kopi Brazil yang sangat terkenal di dunia tercipta berkat usaha Francisco de Mello Palheta yang dikirim oleh kaisar ke kawasan Guyana Prancis untuk memperoleh biji kopi. 

Pemerintahan Prancis memang sama sekali tak mau memberikan biji kopi kepada Palheta. Namun, istri Gubernur Prancis yang terpikat dengan ketampanan Palheta akhirnya memberikan biji kopi yang tersembunyi dalam sebuah buket bunga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES