Peristiwa Daerah

Eks PTKL akan Jadi Pengembangan Industri Kereta Api

Selasa, 11 Juli 2017 - 02:26 | 203.25k
Kondisi pabrik kertas leces. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Kondisi pabrik kertas leces. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bekas PT Kertas Leces (PTKL) di Kabupaten Probolinggo, rencananya akan dijadikan lokasi pengembangan PT. Industri Kereta Api (INKA) oleh pemerintah. Apalagi, rel kereta dari stasiun terdekat ke lokasi eks PTKL telah lama ada.

Rencana itu, disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi. "Rencana itu sempat dibicarakan Menteri BUMN (Rini Soemarno, Red) bersama bupati, saat berkunjung ke sini (Probolinggo, Red)," katanya kepada TIMES Indonesia.

Tak dibicarakan, Menteri BUMN menurut Anggit, juga menyempatkan diri meninjau lokasi eks pabrik kertas tertua kedua di Indonesia tersebut. Baik PT INKA maupun PTKL, sama-sama berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ditanya lebih jauh, Anggit menyatakan, besar kemungkinan PT. INKA yang ada di Madiun, akan mengakuisisi PTKL. "Aset-asetnya mungkin akan dihitung, karena kan (PTKL) masih punya banyak tanggungan," ujarnya.

Diketahui, sejak beberapa tahun terakhir, PTKL sudah tak beroperasi karena masalah keuangan. Ribuan karyawannya dirumahkan. Mesin dan bangunan yang jadi aset perusahaan, kini tak terawat. Aliran listrik ke lokasi pabrik, juga sudah diputus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES