Gaya Hidup

Percaya Cinta Pandangan Pertama? Ini Faktanya

Minggu, 09 Juli 2017 - 14:34 | 65.03k
ILUSTRASI - Cinta pada pandangan pertama. (Foto: theanatomyoflove.com)
ILUSTRASI - Cinta pada pandangan pertama. (Foto: theanatomyoflove.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak yang percaya cinta pada pandangan pertama itu benar-benar ada. Namun menurut penelitian cinta pada pandangan pertama hanyalah mitos. Seseorang butuh setidaknya empat kali bertemu untuk dapat merasakan getaran cinta.

Peneliti dari Hamilton College, New York, Amerika Serikat, dilansir dari detikcom, melakukan pembuktian adanya cinta pada pandangan pertama. Mereka meneliti sekelompok pria dan wanita muda dengan memberikan beberapa foto yang menunjukkan wajah seseorang.

Peneliti menganalisis aktivitas otak para responden melalui monitor yang terhubung, sementara responden terus mengamati foto yang ditunjukkan. Saat melihat pertama kali, responden belum menunjukkan reaksi yang berarti. Namun saat melihat foto untuk kedua kalinya, tingkat daya tarik orang dalam foto tersebut lebih tinggi.

Selanjutnya, peneliti melakukan hal yang sama untuk ketiga kalinya. Respon yang diperoleh adalah ketertarikan semakin tinggi dan ketika ditampilkan foto yang keempat kali, tingkat ketertarikannya paling tinggi.

Monitor pengamatan para peneliti menunjukkan adanya penambahan aktivitas di area otak yang mengatur rasa kegembiraan dan kesenangan saat empat kali melihat foto orang yang sama.

"Orang sering kali jatuh cinta pada seseorang setelah beberapa kali bertemu muka, meskipun awalnya tidak tertarik sama sekali," jelas Ravi Thiruchselvam, psikolog dari Hamilton College. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Detikcom

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES