Gaya Hidup

Jangan Simpan Ponsel di Saku, Ini Alasannya

Minggu, 09 Juli 2017 - 02:29 | 25.66k
ILUSTRASI. Menyimpan ponsel dalam saku celana. (Foto: anekashare.com)
ILUSTRASI. Menyimpan ponsel dalam saku celana. (Foto: anekashare.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan menyimpan ponsel di dalam saku masih sering dilakukan. Meyimpan ponsel di saku memang praktis karena kita dapat dengan mudah mengambilnya saat ada panggilan atau pesan masuk. Namun sejumlah pakar kesehatan mengatakan menyimpan ponsel di dalam saku dapat berbahaya. Berikut alasannya dikutip dari Tempo.

1. Mempengaruhi Kesuburan
Menyelipkan ponsel di saku depan celana bisa mempengaruhi kesuburan pria. Berbagai penelitian terhadap hewan percobaan dan manusia telah menunjukkan bahwa pancaran radiasi gelombang elektromagnetik ponsel dapat menurunkan kualitas sperma yang dapat menyebabkan gangguan infertilitas atau kemandulan.

2. DNA Rusak
Radiasi ponsel dapat mengurangi jumlah sperma dan motilitas. Juga memicu stres oksidatif dan kerusakan DNA.

3. Disfungsi Ereksi
Studi lain menyebutkan pria yang membawa ponsel dalam kondisi aktif dalam jangka waktu lama berpotensi mengalami risiko disfungsi ereksi lebih tinggi.

4. Menyerap Energi
Ponsel memancarkan gelombang radio atau radiasi non-pengion melalui antena. Bila Anda membawa ponsel sangat dekat dengan tubuh, gelombang radio ini bisa menyerap energi.

5. Pusing
Sedapat mungkin atur durasi menelepon dan berapa lama tubuh Anda terpapar sinar serta gelombang radio ponsel. Jika Anda terlalu lama terpapar gelombang radio ponsel, Anda bisa mengalami pusing atau keluhan sakit lainya. b

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES