Gaya Hidup

Terlalu Lama Bermain Gadget Sebabkan Mata Kering

Minggu, 09 Juli 2017 - 01:35 | 24.21k
ILUSTRASI. Terlalu lama bermain gadget bisa berdampak buruk bagi kesehatan. (Foto: dingo-care2.com)
ILUSTRASI. Terlalu lama bermain gadget bisa berdampak buruk bagi kesehatan. (Foto: dingo-care2.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Generasi muda saat ini sangat sulit dijauhkan dari gadget. Kebiasaan ini sebenarnya dapat merugikan kesehatan. Studi mengungkapkan ada peningkatan gejala mata kering di kalangan pasien usia muda akibat terlalu lama terpapar perangkat digital.

Spesialis optometri bersama College of Optometry di University of Houston, Amber Gaume Giannoni, mengatakan semakin lama anak-anak menatap layar, mereka cenderung lebih jarang berkedip. Ini mengakibatkan mata kering karena berkedip membantu merangsang kelenjar digunakan untuk melembabkan mata.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa anak-anak berusia delapan tahun dapat menghabiskan enam jam sehari di depan layar. 

Giannoni menyarankan agar orang tua membatasi waktu menonton di gadget bagi anak-anak mereka dan memperhatikan gejala seperti mata merah, menggosok mata dan kedipan yang terlihat dipaksakan.

Dia merekomendasikan metode 20-20-20 untuk mengurangi ketegangan mata - istirahat 20 detik setiap 20 menit menatap perangkat digital, dan menonton dengan jarak 20 kaki (sekitar enam meter) atau dari jauh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES