Gaya Hidup

Biar Jomlo Berkurang, Ini Solusinya

Sabtu, 08 Juli 2017 - 13:52 | 21.60k
ILUSTRASI: Jomlo. (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Jomlo. (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini data di banyak media, angka jomlo terus meningkat. banyak faktor yang menyebabkan hal itu. salah satunya diakibatkan karena dinilai angka mahal teramat tinggi. padahal Islam mengajarkan mahal tak harus tinggi dan mahal.

Menurut Syekh Wahbah Az-Zuhayli, dalam kitab Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, Darul Fikr, cetakan kedua, 1985 M/1405 H, juz 7, halaman 256, dijelaskan bahwa disunahkan untuk meringankan mahar dan tidak memahalkan mas kawin.

Hal itu berlandaskan pada sabda Rasulullah SAW, bahwa Perkawinan yang paling tinggi keberkahannya adalah perkawinan yang peling ringan ongkosnya.

Selanjutnya, di lain riwayat juga dijelaskan bahwa Wanita yang paling tinggi keberkahannya adalah ia yang menetapkan ringan maharnya. Abu Dawud meriwayatkan sebuah hadits yang disahihkan oleh Al-Hakim dari Uqbah bin Amir, Rasulullah SAW bersabda, ‘Mahar terbaik adalah mas kawin yang paling ringan.’

Adapun hikmah di balik larangan untuk memahalkan mahar sudah jelas, yaitu memudahkan jalan para pemuda untuk kawin sehingga mereka tidak berpaling dari syariat perkawinan yang potensial memicu sejumlah masalah moral dan sosial. 

Seperti dinyatakan oleh Umar bin Al-Khatthab bahwa ‘Seorang pria mendapati ketinggian harga mahar istrinya sehingga muncul benih permusuhan di dalam hatinya terhadap sang istri'. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES