Peristiwa Nasional

Kurangi Pemudik Menggunakan Motor, Ini Gagasan Menhub

Jumat, 07 Juli 2017 - 19:01 | 24.12k
Ilustrasi pemudik sepeda motor
Ilustrasi pemudik sepeda motor

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meluncurkan gagasan penyewaan motor di desa untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor di saat Lebaran.

Menurutnya, sepeda motor memang masih menjadi kendaraan favorit masyarakat saat mudik. Salah satu alasannya adalah tak tersedianya angkutan penghubung di desa atau kabupaten.

"Kalau masing-masing angkutan murah dan baik, pasti masyarakat akan pindah. Mungkin motor kita sediakan mudik gratis lalu kita sewakan motor di desa-desanya. Bisa kerja sama dengan Astra dan sebagainya," papar Budi.

Budi menambahkan jika sepeda motor sebagai transportasi mudik masyarakat masih menjadi pekerjaan rumah Kemenhub karena tingkat keselamatannya yang tak bisa dipastikan.

Dari data Korlantas, sepeda motor menjadi salah satu penyumbang terbesar kendaraan terlibat kecelakaan lalu lintas pada musim mudik, yakni 5.974 korban pada 2016 dan 4.346 korban pada 2017.

Kemenhub mencatat angkutan sepeda motor pada mudik tahun ini naik hingga 20 persen. Oleh karena itu, kendaraan roda dua akan diatur dalam UU Lalu Lintas.

Selain itu, Kemenhub berencana mengeluarkan UU yang mengatur transportasi antarmoda sehingga pemudik bisa terhubung akses jalan nasional, provinsi bahkan sampai ke desa sehingga pemudik tak perlu membawa sepeda motor sebagai transportasi ke kampung halaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES