Kesehatan

Pemberian ASI Lebih dari 2 Tahun Bikin Gigi Berlubang

Jumat, 07 Juli 2017 - 04:31 | 35.09k
ILUSTRASI: Ibu menyusui. (Foto: Firdaus45)
ILUSTRASI: Ibu menyusui. (Foto: Firdaus45)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri Air Susu Ibu atau ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Kendati demikian pemberian ASI pada bayi lebih dari dua tahun tak dianjurkan. Sebab dapat memicu gigi berlubang. 

Dikutip dari Business Standard, penelitian baru yang dilakukan pada 1.129 anak di Pelotas, Brasil. Sekitar seperempat anak diketahui diberi ASI selama 24 bulan atau lebih.

Hasil penelitian itu pada usia 5 tahun, anak-anak menderita karies gigi kronis yang menyebabkan gigi berlubang dengan jumlah 23,9% anak-anak menderita gigi berlubang dan 48% menderita karies gigi.

Dari jumlah tersebut ditemukan, anak-anak yang diberikan ASI selama dua tahun atau lebih memiliki risiko 2,4 kali lebih tinggi menderita gigi berlubang dibandingkan anak-anak yang menyusui kurang dari satu tahun. Namun, menyusui antara 12 hingga 23 bulan tidak menyebabkan risiko gigi berlubang yang lebih tinggi.

"Alasannya, frekuensi menyusui dalam jangka panjang dan menyusui pada malam hari yang tinggi membuat gigi sulit dibersihkan," papar Dr. Karen Peres, profesor di University of Adelaide, Australia.

Karies pada anak ini tentunya juga berlaku bagi anak yang mengkonsumsi susu pertumbuhan pada malam hari. Jadi sebaiknya berikan anak Anda susu pada pagi dan siang hari atau sebelum tidur. Dan jangan lupa ajak anak Anda menggosok gigi sebelum tidur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES