Ekonomi

BI Terbitkan Aturan Gerbang Pembayaran Nasional

BI Terbitkan Aturan Gerbang Pembayaran Nasional ILUSTRASI: Petugas teller Bank saat melayani transaksi. (Foto: Infobanknews)
Jum'at, 07 Juli 2017 - 01:12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia terbitkan peraturan soal Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), atau National Payment Gateway.

Demikian pernyataan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara pada Kamis, (6/7) di Jakarta.

"GPN merupakan sebuah sistem yang terdiri atas Standar, Switching, dan Services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional," kata Tirta.

Dengan adanya GPN, pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik akan dapat dijalankan dengan interkoneksi (saling terhubung) dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan).

"Peraturan ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan andal, serta sesuai dengan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi, dan inovasi," tambah Tirta dikutip dari laman bi.go.id.

Perlu diketahui, ruang lingkup GPN mencakup transaksi pembayaran secara domestik yang meliputi tiga hal.

Pertama, interkoneksi Switching, yaitu keterhubungan antara jaringan Switching yang satu dengan jaringan Switching yang lainnya.

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Bank Indonesia

Komentar

Loading...
Registration