Kesehatan

Kurangi Dampak Buruk Polusi Udara dengan Makanan Ini

Kamis, 06 Juli 2017 - 06:38 | 38.80k
ILUSTRASI. Polusi udara. (Foto: voanews.com)
ILUSTRASI. Polusi udara. (Foto: voanews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Polusi udara membawa efek buruk bagi kesehatan, terutama pernapasan. Namun dampak buruk tersebut dapat diminimalisir dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui konsumsi makanan yang mengandung Omega-3.

Dilansir dari Antara, sebuah penelitian yang melibatkan hewan menunjukkan, asam lemak omega-3 (OFAs) bisa mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi udara hingga setengahnya. Omega-3 bisa diperleh dari berbagai makanan termasuk dalam ikan laut, kacang kedelai dan bayam.

"Saya pasti akan merekomendasikan konsumsi OFAs untuk melawan masalah polusi udara," kata pemimpin peneliti Jing Kang, dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, bagian dari Harvard Medical School di Amerika Serikat.

Kang merekomendasikan konsumsi dua sampai empat gram Omega-3 per hari sebagai solusi praktis untuk mengurangi beban penyakit polusi udara.

Perlu diwaspadai bahwa partikel yang terkandung dalam polusi udara dapat menembus paru-paru kemudian organ-organ utama, termasuk otak dan testis. Inilah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES