Kesehatan

Polusi Udara Dapat Kurangi Harapan Hidup

Kamis, 06 Juli 2017 - 02:35 | 100.21k
ILUSTRASI. Polusi udara. (Foto: New Vision)
ILUSTRASI. Polusi udara. (Foto: New Vision)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah studi yang dipublikasikan di Ecological Indicators menyatakan polusi udara tak hanya menyebabkan masalah pada kesehatan tetapi juga dapat mengurangi harapan hidup mereka yang terpapar. Polusi udara dapat mengurangi harapan hidup sebesar 9-11 tahun.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Mikael Skou Andersen dari Universitas Aarhus di Denmark ini melibatkan 100.000 orang. Dalam penelitiannya, ia mensimulasikan efek paparan jangka panjang polusi udara yang terus meningkat, dari 10 mikrogram partikel kecil per meter kubik.

Hasil studi menunjukkan usia rata-rata korban pencemaran udara adalah 78,9 tahun dan mereka umumnya kehilangan harapan hidup 9-11 tahun, lebih lama dari perkiraan yang sering dikutip yakni 1-2 tahun.

Melihat hasil studi ini, Andersen mengatakan perlunya upaya kuat dan konsisten untuk menentukan manfaat ekonomi pengurangan polusi udara. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melalui data akurat sehingga mendorong negara-negara mengurangi penggunaan bahan bakar fosil mereka.

"Kita perlu memahami dampak sebenarnya paparan polusi udara dalam jangka panjang untuk mengembangkan kebijakan informasi yang lebih baik dan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil," ujar Andersen.

Pengurangan bahan bakar fosil sangat diperlukan. Hal ini karena saat kita membakar bahan bakar fosil, partikel kecil dilepaskan, menyebabkan polusi udara. Hal ini diketahui menyebabkan kematian dini. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES