Peristiwa Daerah

Masuk Musim Kemarau, BPBD Bondowoso Waspadai Kekeringan

Senin, 03 Juli 2017 - 15:27 | 26.05k
Tandon air yang tersedia di BPBD Bondowoso. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Tandon air yang tersedia di BPBD Bondowoso. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menyediakan tandon air bagi masyarakat yang mulai terdampak bencana kekeringan. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso, Winarto mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah membuka posko 24 jam bagi masyarakat yang terdampak bencana baik banjir, tanah longsor, kekeringan dan bencana yang lain.

Khusus untuk kekeringan, BPBD Bondowoso telah menyediakan tandon air yang bisa diakses seluruh masyarakat apabila mengalami kesulitan mendapatkan air bersih mengingat sudah masuk musim kemarau. 

"Kita sediakan posko 24 jam dan sudah kita sediakan tandon air. Itu bisa diakses masyarakat dan gratis," tuturnya. 

Ia menambahkan saat ini BPBD Bondowoso juga telah membangunan tempat 40 penampungan air yang tersebar di seluruh Kabupaten Bondowoso.

Untuk Kecamatan yang menjadi fokus, ada 7 (tujuh) yang sedang diawasi yakni Kecamatan Cermee, Prajekan, Taman Krocok, Botolinggo, Binakal, Tegal Ampel dan Wringin. 

"Fokus kita Ad di tujuh Kecamatan dan sudah kita bangun tempat penampungan air bersih. Jadi warga tidak perlu mendatangi kantor," ujarnya.

Untuk mencegah agar kekeringan tidak terus terjadi, Winarto menghimbau kepada masyarakat untuk giat melakukan penghijauan dan merawat sumber air.

Disamping itu, kebijakan yang terintgrasi antar Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait juga perlu dilakukan mengingat kekeringan adalah masalah yang bukan hanya campur tangan BPBD. 

"Ini kan masalah yang harus terintegrasi. Jadi bukan hanya BPBD, ada OPD yang lain," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES