Peristiwa Daerah

Arus Balik Macet, Ini Tips Hindari Kantuk saat Menyetir

Kamis, 29 Juni 2017 - 02:25 | 40.82k
ILUSTRASI: Mengantuk (Foto: otomania)
ILUSTRASI: Mengantuk (Foto: otomania)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kegiatan mudik Lebaran sudah selesai namun bukan berarti perjalanan usai. Kini mari bersiap untuk kegiatan balik yang juga tak kalah melelahkan karena juga berpotensi macet.

Jika kendaraan sudah siap, ada musuh lain yang dihadapi saat berkendara, yaitu serangan kantuk yang terkadang menyerang dengan tiba-tiba.

Untuk menghindari kantuk, simak beberapa tips dari readersdigest ini agar badan tetap fit dan kantuk tak datang saat berkendara.

1. Pastikan tubuh terasa bugar sebelum berangkat. Lakukan sedikit pemanasan yang bisa meningkatkan kewaspadaan, dan membantu melemaskan otot-otot yang tegang.

2. Isi perut Anda. Tapi pastikan jumlahnya. Jangan terlalu kenyang karena ini akan membawa kantuk. Jangan lupa minumlah air putih yang cukup saat mengemudi. Dehidrasi juga bisa memunculkan kantuk.

3. Jangan melamun saat macet. Fokuskan daya konsentrasi pada perjalanan yang Anda tempuh. Perhatikan kondisi jalan, lingkungan sekitar, dan tentu saja rambu-rambu lalu-lintas.

4. Minum kopi. Ini cara efektif untuk memerangi kantuk. Selain itu, jika kantuk sudah tak tertahan, menepi dan tidurlah sebentar selama 15 menit. Jangan lupa setelah itu, cuci muka atau mandi jika memungkinkan agar tubuh kembali segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : readerdigest

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES