Selasa, 20 Februari 2018
Tekno

Pemulung Luar Biasa Ini Bangun Perpustakaan dari Buku-buku Bekas

Pemulung Luar Biasa Ini Bangun Perpustakaan dari Buku-buku Bekas Jose Alberto Gutierrez membangun perpustakaan dari buku buangan (Foto: nation)
Selasa, 27 Juni 2017 - 11:15

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dedikasi pria bernama Jose Alberto Gutierrez patut diacungi jempol di mana ia mengubah barang rongsokan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

The Telegraph melaporkan jika pria paruh baya yang berprofesi sebagai pemulung itu, menghabiskan dua dekade terakhir untuk mengumpulkan buku yang dibuang warga Bogota, ibukota Kolombia.

Selama itu pula, Gutierrez berhasil mengumpulkan ribuan judul buku dan membangun perpustakaan besar yang ia buka gratis untuk warga sekitar.

Diberi nama La Fuerza de las Palabras atau 'Kekuatan Kata-kata', perpustakaan itu memenuhi beberapa ruangan dalam rumah Gutierrez.

Dan berkat donasi beberapa warga, perpustakaan Gutierrez terus tumbuh besar hingga kini, bahkan beberapa buku mereka kirim ke beberapa area miskin di seantero Kolombia.

"Nilai sejati dari apa yang kami lakukan adalah membantu anak-anak mulai membaca," ujar pria miskin yang ditanamkan kecintaan membaca oleh sang ibu, pada Al Jazeera. (*)

Pewarta : Timothy Peter
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration