Kesehatan

Lawan Kanker Usus dengan Anggur

Rabu, 28 Juni 2017 - 04:21 | 39.08k
ILUSTRASI. Buah anggur dapat melawan kanker usus. (Foto: authoritynutrition.com)
ILUSTRASI. Buah anggur dapat melawan kanker usus. (Foto: authoritynutrition.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah studi menemukan buah anggur ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi kanker, terutama kanker usus. Bagian buah anggur yang efektif membunuh sel kanker usus besar terdapat pada kulit dan biji anggur.

Jairam KP Vanamala, peneliti ilmu pangan Pennsylvania State University di Amerika Serikat menagtakan kombinasi resveratrol (sebagian besar ditemukan pada kulit anggur) dan ekstrak biji anggur sangat efektif untuk membunuh sel kanker usus besar.

Studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine juga menemukan kombinasi senyawa yang terdapat dalam anggur tidak menganggu kelangsungan hidup sel-sel sehat.

Dalam percobaannya, para peneliti menggunakan tikus sebagai objek percobaan. Mereka lalu memisahkan 52 tikus yang memiliki tumor kanker usus besar menjadi tiga kelompok. Hasil penelitian memperlihatkan angka kejadian tumor bisa ditekan pada tikus yang mengonsumsi senyawa anggur sebesar 50 persen. 

Satu hal yang perlu dicatat, bila konsumsi resveratrol dan ekstrak biji anggur dikonsumsi secara terpisah, maka efeknya kurang efektif sel induk kanker. 

Ke depannya, para peneliti berharap senyawa resveratrol dan ekstrak biji anggur bisa dikembangkan untuk dibuat dalam pil sehingga bisa membantu mencegah kanker usus besar dan mengurangi kekambuhan penyakit pada penderita kanker usus besar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES