Peristiwa Daerah

Tambah Stok Jelang Idul Fitri, Kelompok Ar-Rahmah Gelar Donor Darah

Selasa, 20 Juni 2017 - 22:12 | 35.53k
Donor darah oleh kelompok donor darah Ar-Rahmah Sukosari, Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Donor darah oleh kelompok donor darah Ar-Rahmah Sukosari, Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kelompok donor darah Ar-Rahmah Sukosari menggelar donor darah yang dilaksanakan di Klinik Ar-Rahmah Sukosari, Bondowoso, Jawa Timur. 

Kepada Times Indonesia, ketua kelompok donor darah Ar-Rahmah, Slamet Djoko mengatakan bahwa donor darah yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ini bertujuan untuk memenuhi stok darah di Unit Palang Merah Indonesia (PMI) Bondowoso hingga musim lebaran 2017. Biasanya kata dia, stok darah menjelang idul fitri selalu langka.
"Ini untuk memback up kebutuhan darah selama ramadhan dan idul fitri nanti," katanya.

Kelompok donor darah Ar-Rahmah sendiri berdiri pada tahun 2005 dan merupakan yang tertua di Kabupaten Bondowoso. Sejak awal berdiri hingga saat ini, sudah ada 300 relawan yang rutin menyumbangkan darahnya dan tersebar diseluruh Kecamatan Sukosari,  "Dari awal dulu hanya 12 orang tapi sekarang sudah 300 orang yang tersebar di seluruh Kecamatan Sukosari," tambahnya. 

Sementara itu, pemilik klinik Ar-Rahmah, Untung Khuzairi menyampaikan ada beberapa manfaat yang didapat jika kita menyumbangkan darahnya kepada sesama. Diantaranya adalah menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, memperbarui sel darah baru serta menurunkan resiko kanker.
"Banyak sekali manfaatnya, salah satunya menurunkan kolesterol dan pemeriksaan secara gratis penyakit infeksi yang berhubungan dengan darah," ujarnya.

Kedepan, Slamet berharap di Kecamatan lain dapat tumbuh sebuah kelompok sukarela yang bekerja dalam kemanusiaan dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES