Peristiwa Daerah Mudik 2017

Pelabuhan Trisakti dan Batu Licin Mulai Disesaki Penumpang

Selasa, 20 Juni 2017 - 08:21 | 140.99k
ILUSTRASI: Peumpang (Foto: Borneo News)
ILUSTRASI: Peumpang (Foto: Borneo News)
FOKUS

Mudik 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua Pelabuhan kapal laut di Kalimantan Selatan, Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Batulicin sudah mulai disesaki penumpang yang akan mudik. Penumpang banyak didominasi  dengan tujuan Banjarmasin-Surabaya dan Batulicin ke Surabaya.

Penumpang kebanyakan adalah pekerja perkebunan sawit dari wilayah Kalsel dan Kalteng yang mudik ke beberapa daerah di jawa juga di daerah NTT dan NTB..  

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Cabang Banjarmasin Anton Wahyudi mengatakan,  dalam beberapa hari ini sudah ada peningkatan penumpang. Rata-Rata peningkatan tiap harinya naik 15 persen.

Arus mudik penumpang kapal laut, ujar Anton, mulai terasa dan diprediksi mencapai puncaknya pada Kamis (22/6/2017) dan Jumat (23/6/2017) nanti.

PT Dharma Lautan Utama Cabang Banjarmasin  sudah menyiapkan dan mengoperasikan tiga kapal rute Banjarmasin-Surabaya diantaranya  KM Satya Kencana III yang baru berangkat Senin malam  (19/6/2017). Kapal ini mengangkut  470 penumpang, 7 unit truk fuso dan 40 unit mobil kecil.

Tersisa untuk pemberangkatan tanggl 22 Juni dan 23 Juni nanti. Dan akan beroperasi lagi tgl 28 Juni.  

“Kita sudah siakan KM Kirana 9 dan KM Kumala untuk jadwal pemberangkatan terakhir sebelum libur Lebaran hingga arus mudik  28 Juni nanti,”ujarnya. 

Sementara itu  Kepala PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin Saleh  mengatakan,  PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin menambah jumlah frekuensi penyeberangan dari Pelabuhan Samudra Batulicin ke Surabaya.

Semula satu kali keberangkatan, menjadi dua kali per minggu. Manajemen juga akan menambah jumlah kapal dari satu kapal menjadi dua kapal dengan kapasitas 900 penumpang, 20 unit kendaraan roda empat dan enam, serta 300 sepeda motor.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES