Peristiwa Daerah MTQ Mahasiswa Nasional 2017

MTQMN XV akan Pecahkan Rekor Khataman Al Quran 24 Jam Non-Stop Selama 7 Hari

Senin, 19 Juni 2017 - 23:03 | 60.80k
Ketua panitia MTQMN XV, Akh Muwafik Saleh, S.Sos M.Si (Foto: Imad/TIMES Indonesia)
Ketua panitia MTQMN XV, Akh Muwafik Saleh, S.Sos M.Si (Foto: Imad/TIMES Indonesia)
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV, panitia UB dan UM akan memecahkan rekor MURI  khataman Al Quran 24 jam non-stop selama 7 hari. 

Ketua panitia MTQMN XV, Akh Muwafik Saleh, S.Sos M.Si mengatakan khataman ini akan diikuti oleh peserta MTQMN XV yang mencapai 3500 peserta. Rencananya, khataman ini akan berlangsung dalam sepekan mulai tanggal 28 Juli hingga 3 Agustus 2017 mendatang. 

"Ada pemecahan rekor MURI, yaitu khataman Al Quran 24 jam non-stop selama 7 hari," kata Muwafik, Senin (13/6/2017). 

Muwafik mengatakan MTQMN merupakan even dua tahun sekali yang rutin digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Muwafik menyatakan tahun ini antusias peserta sangatlah tinggi.

Bahkan, hingga saat ini sudah ada 278 perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mendaftar.

"Jumlah tersebut terdiri dari 2.011 peserta, dengan 345 offisial dari 278 Perguruan Tinggi se-Indonesia," tambahnya. 

Sementara itu dalam MTQMN XV ini akan memperlombakan 13 cabang lomba. Adapun 13 cabang yang diperlombakan ialah Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ), Musabaqah Tartilil Qur’an (TL), Musabaqah Qira’at Sab’ah (QS) Riwayat Warsy dan Qalun, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz (HQ5), 10 Juz (HQ10), dan 20 Juz (HQ20), Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Dekorasi, Musabaqah Fahmil Qur’an (FQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (KTIQ), Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran dalam Bahasa Arab (DIA) dan Bahasa Inggris (DII), dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Quran (DAQ). 

"Tiga belas cabang ini akan digelar di dua tempat, tujuh cabang akan dilaksanakan di UB dan 6 lainnya di UM," terang Dekan III FISIP UB.

Muwafik menyebutkan dalam pelaksanaannya, kegiatan MTQMN akan menghabiskan dana kurang lebih Rp 10 Miliar, dengan Rp 3.5 Miliar diantara merupakan dana dari pihak Kemenristekdikti.

Muwafik juga menyebutkan kegiatan ini akan dimeriahkan berbagai acara seperti seminar bedah kebangsaan dengan panglima TNI, tausiyah, tabligh akbar, lailatul qiroah, pembacaan selawat, pameran, fashion show dan dan festival Al Banjari nasional di UM.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES