Peristiwa Daerah Jelang Hari Kemenangan

Jelang Mudik, Tes Urine Pengemudi di Terminal Lamongan, Hasilnya….

Jumat, 16 Juni 2017 - 19:07 | 56.58k
Para sopir bus diminta melakukan tes urine dalam gelar pemeriksaan kesehatan gratis pengemudi angkutan umum, dengan disaksikan Kasat Lantas AKP Bayu Prasatyo, di Terminal Lamongan, Jumat (16/6/2017) (Foto: Ardiyanto/ TIMES Indonesia)
Para sopir bus diminta melakukan tes urine dalam gelar pemeriksaan kesehatan gratis pengemudi angkutan umum, dengan disaksikan Kasat Lantas AKP Bayu Prasatyo, di Terminal Lamongan, Jumat (16/6/2017) (Foto: Ardiyanto/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Jelang Hari Kemenangan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tes urine yang dilakukan petugas gabungan bagi para awak sopir bus dan angkutan umum mendapati satu sopir diduga menggunakan obat-obatan terlarang.

“Satu pengemudi pada awalnya, urinenya mengandung Aphetamine," ujar Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Bayu Prasatyo, di terminal Lamongan, Jumat (16/6/2017).

Namun, dalam pengakuannya, sopir mengaku tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang. “Tapi setelah dilakukan pendalaman dia mengkonsumsi obat batuk sebelum berangkat, kemudian istirahat dan jalan,” ucapnya.

Tes-Kesehatan-Sopir-AgtJ9.jpg

Untuk diketahui, tes urine bagi para awak sopir bus dan angkutan umum dijalankan petugas gabungan dari Sat Lantas Polres Lamongan,  bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, di terminal Lamongan.

Dalam gelar Rikes (pemeriksaan kesehatan) gratis pengemudi angkutan umum, selain tes urine, puluhan sopir juga diperiksa kesehatan fisiknya oleh Bidokes kepolisian.

“Kenapa dilakukan operasi, karena angkutan meningkat dengan jumlah penumpang yang banyak, sehingga kita antisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan,” katanya.

Dalam operasi ini, petugas gabungan menemukan satu bus yang diminta mengganti ban belakang. Petugas menilai, ban yang digunakan sudah tak layak pakai dan bisa membahayakan penumpang.

“Tadi ada bus yang bannya tidak layak, jadi kita minta diganti dengan ban layak, yang dipunyai rekannya untuk dipasang di busnya,” ujar AKP Bayu.

Tes-Kesehatan-Sopir-BcisTZ.jpg

Tak hanya itu, tambah AKP Bayu, juga ditemukan empat bus yang KIR bus yang telah mati. “Dan ditilang Dishub, untuk surat-surat kendaraan lengkap,” tuturnya. 

Sementara, paa sopir bus menyambut baik dengan adanya kegiatan ini. Mereka sadar bahwa mereka wajib memeriksa kesehatan demi keselamatan para penumpangnya.

“Senang adanya razia ini demi kenyamanan di perjalanan. Menganggu sedikit, tapi gak masalah,” kata satu di antara sopir bus, Komang Pujawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES